Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Kamerun Tewaskan 143 Anggota Boko Haram

Kompas.com - 13/01/2015, 22:10 WIB
YAOUNDE, KOMPAS.com - Pemerintah Kamerun, Selasa (13/1/2015), mengabarkan angkatan darat negeri itu berhasil menewaskan 143 anggota kelompok militan Boko Haram saat mereka menyerang sebuah pangkalan militer di kota Kolofata pada Senin.

Juru bicara Kementerian Komunikasi Kamerun Issa Tchiroma Bakary mengatakan, satu tentara Kamerun tewas dalam baku tembak itu.

"Ini adalah kerugian terbesar Boko Haram di wilayah Kamerun di saat serangan lintas perbatasan yang dilakukan Boko Haram terus meningkat di Kamerun, Chad dan Niger," ujar Bakary.

Bakary menjelaskan ratusan anggota Boko Haram menyerang pangkalan militer Kamerun itu pada Senin pagi di saat kabut tebal menyelimuti kawasan yang tak jauh dari perbatasan Nigeria itu.

"Boko Haram berusaha merebut pangkalan militer tempat pasukan elit angkatan darat ditempatkan," papar Bakary.

Serangan itu memicu baku tembak selama lima jam sebelum para penyerang akhirnya mundur kembali ke perbatasan Nigeria. Bakary menambahkan, selain menewaskan ratusan anggota Boko Haram, militer Kamerun juga menyita persenjataan kelompok militan itu.

Serangan terhadap pangkalan militer di Kolofata terjadi setelah pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau pekan lalu mengancam akan menyerang Kamerun karena negeri itu mengirimkan pesawat tempur untuk menyerang Boko Haram pada Desember lalu.

Serangan pada Senin itu adalah yang pertama kali dilakukan Boko Haram sejak pasukan elit Batalyon Intervensi Cepat ditempatkan di wilayah itu setelah serangan maut pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com