Kompas.com - 13/01/2015, 21:18 WIB
EditorErvan Hardoko
DONETSK, KOMPAS.com - Sedikitnya enam warga sipil Ukraina tewas dan belasan lainnya terluka ketika sebuah roket jarak jauh Grad yang diduga ditembakkan pemberontak pro-Rusia menghantam sebuah bus antarkota, Selasa (13/1/2015).

Kepolisian setempat mengatakan roket ditembakkan dari sebuah pos pemeriksaan yang didirikan tentara pemerintah di jalan raya yang menghubungkan kubu pemberontak di Donetsk dengan pesisir Laut Azov di wilayah tenggara Ukraina.

Sebuah pernyataan yang dirilis pusat informasi militer Ukraina wilayah timur mengatakan enam orang tewas dan sedikitnya 20 orang lainnya terluka akibat insiden yang terjadi 35 kilometer sebelah barat daya kota Donetsk.

Menteri Regional Donetsk Vyacheslav Abroskin mengatakan roket itu bergerak liar setelah ditembakkan dari sebuah pos pertahanan di dekat kota Volnovakha.

"Roket itu menghantam langsung sebuah bus antarkota. Penyelidikan sedang berlangsung. Jalan raya antara Donetsk dan Mariupol kini ditutup," ujar Abroskin merujuk kota pelabuhan yang masih dikuasai pasukan pemerintah.

Sejauh ini belum diperoleh komentar dari para pemimpin pemberontak terkait insiden itu. Pemberontak dan tentara pemerintah kerap saling tuding jika terjadi insiden salah tembak yang menewaskan warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.