Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulgaria Tangkap Pria Perancis yang Diduga Rekan Penyerang "Charlie Hebdo"

Kompas.com - 13/01/2015, 16:38 WIB
SOFIA, KOMPAS.com — Pemerintah Bulgaria menangkap seorang warga Perancis pada awal tahun ini saat hendak memasuki wilayah Suriah. Kejaksaan Agung Bulgaria, Selasa (13/1/2015), mengatakan, pria Perancis itu diketahui menjalin kontak dengan salah satu penyerang kantor majalah Charlie Hebdo.

Fritz-Joly Joachim (29), warga Perancis keturunan Haiti, diketahui beberapa kali menghubungi Cherif Kouachi, salah seorang penyerang Charlie Hebdo. Demikian menurut penjelasan jaksa Darina Slavova.

Slavova menambahkan, hubungan telepon itu terjadi sebelum Joachim meninggalkan Perancis pada 30 Desember lalu, sepekan sebelum Cherif Kouachi dan saudaranya, Said, menyerang kantor majalah Charlie Hebdo dan menewaskan 12 orang.

Joachim sendiri sebenarnya dicari oleh kepolisian Perancis. Surat penahanan sudah dikirim ke seluruh Eropa karena dituduh setelah mantan istrinya melaporkan bahwa pria itu menculik anak laki-lakinya yang berusia tiga tahun.

Namun, Senin (12/1/2015), kejaksaan Bulgaria menerima surat perintah penahanan kedua untuk Joachim yang dikirim oleh sebuah pengadilan di Paris. "Dia dituduh terlibat dalam sebuah kejahatan terorganisasi yang bertujuan merancang sebuah aksi teror," tambah Slavova.

Kouachi bersaudara menyerang kantor majalah Charlie Hebdo pada 7 Januari lalu. Dua hari setelah penyerangan itu, keduanya tewas dalam baku tembak dengan aparat keamanan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com