Kompas.com - 12/01/2015, 16:07 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com - Pihak berwenang di bandara Kunming, provinsi Yunnan, China pada Sabtu (10/1/2015), menangkap dua orang penumpang yang membuka tiga pintu darurat pesawat maskapai China Eastern sesaat sebelum lepas landas menuju Beijing.

Salah seorang penumpang yang ditangkap adalah seorang pemandu wisata perempuan asal Beijing yang hanya disebut bernama Li. Perempuan itu dijatuhi hukuman kurungan karena dianggap menghasut massa dan melanggar aturan publik.

Penumpang lainnya adalah seorang pria bernama Zhao yang dijatuhi hukuman kurungan 15 hari karena membuka dua pintu darurat pesawat. Demikian dikabarkan Sina News.

Akibat insiden itu, penerbangan maskapai China Eastern MU2036 yang sudah terlambat tiga jam dalam perjalanan dari Dhaka, Banglades menuju Kunming kembali mengalami keterlambatan dalam penerbangan lanjutan menuju Beijing.

Sebenarnya penerbangan dari Kunming sudah terhambat karena tumpukan salju yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu masalah lain muncul yaitu sistem pengatur udara di kabin mati sehingga semakin membuat 150 penumpang yang telah terlambat tujuh jam semakin resah.

Akibatnya, pecah pertengkaran antara penumpang dan awak kabin. Masalah tak berhenti di situ, ketika pesawat sudah siap lepas landas ternyata tiga pintu darurat pesawat terbuka. Sebanyak 25 orang penumpang diperiksa terkait insiden itu.

Satu penumpang mendapatkan peringatan keras setelah dianggap menyebarkan berita salah karena menyebut pintu darurat sengaja dibuka untuk membatalkan penerbangan setelah pilot terlibat pertengkaran dengan para penumpang.

Insiden itu muncul kurang dari sebulan setelah seorang penumpang maskapai Xiamen Airlines penerbangan dari Hangzhou menuju Chengdu membuka pintu darurat agar mendapatkan udara segar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.