Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Tiga Pintu Darurat, 2 Penumpang China Eastern Airlines Ditahan

Kompas.com - 12/01/2015, 16:07 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Pihak berwenang di bandara Kunming, provinsi Yunnan, China pada Sabtu (10/1/2015), menangkap dua orang penumpang yang membuka tiga pintu darurat pesawat maskapai China Eastern sesaat sebelum lepas landas menuju Beijing.

Salah seorang penumpang yang ditangkap adalah seorang pemandu wisata perempuan asal Beijing yang hanya disebut bernama Li. Perempuan itu dijatuhi hukuman kurungan karena dianggap menghasut massa dan melanggar aturan publik.

Penumpang lainnya adalah seorang pria bernama Zhao yang dijatuhi hukuman kurungan 15 hari karena membuka dua pintu darurat pesawat. Demikian dikabarkan Sina News.

Akibat insiden itu, penerbangan maskapai China Eastern MU2036 yang sudah terlambat tiga jam dalam perjalanan dari Dhaka, Banglades menuju Kunming kembali mengalami keterlambatan dalam penerbangan lanjutan menuju Beijing.

Sebenarnya penerbangan dari Kunming sudah terhambat karena tumpukan salju yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu masalah lain muncul yaitu sistem pengatur udara di kabin mati sehingga semakin membuat 150 penumpang yang telah terlambat tujuh jam semakin resah.

Akibatnya, pecah pertengkaran antara penumpang dan awak kabin. Masalah tak berhenti di situ, ketika pesawat sudah siap lepas landas ternyata tiga pintu darurat pesawat terbuka. Sebanyak 25 orang penumpang diperiksa terkait insiden itu.

Satu penumpang mendapatkan peringatan keras setelah dianggap menyebarkan berita salah karena menyebut pintu darurat sengaja dibuka untuk membatalkan penerbangan setelah pilot terlibat pertengkaran dengan para penumpang.

Insiden itu muncul kurang dari sebulan setelah seorang penumpang maskapai Xiamen Airlines penerbangan dari Hangzhou menuju Chengdu membuka pintu darurat agar mendapatkan udara segar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com