Kompas.com - 12/01/2015, 05:58 WIB
EditorBayu Galih

PARIS, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan pujian kepada Perancis yang bertindak tegas terhadap perilaku terorisme dan anti-Semitisme. Pujian Netanyahu ini diucapkannya saat berada di Sinagoga Agung Paris, usai mengikuti aksi solidaritas jutaan orang yang mengutuk terorisme, pasca-penembakan di kantor majalah satir Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang, Minggu (11/1/2015) waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Netanyahu juga mengatakan, musuh masyarakat saat ini bukanlah umat Islam.

"Musuh bersama kita adalah Islam yang radikal, yang ekstremis. Bukan Islam yang normal," kata Netanyahu. 

Rangkaian teror yang terjadi di Perancis memang tak hanya terjadi saat penembakan di kantor Charlie Hebdo. Teror yang dilakukan oleh kakak beradik Cherif Kouachi dan Said Kouachi, serta Amedy Coulibaly juga menewaskan setidaknya 5 orang lain.

Satu polwan tewas ditembak oleh Coulibaly sebelah selatan kota Paris. Tidak hanya itu, Coulibaly juga menewaskan 4 orang sandera dalam penyanderaan di kosher atau supermarket khusus masyarakat Yahudi. (Baca: Presiden Perancis Pastikan Empat Orang Tewas dalam Penyanderaan di Supermarket)

Dalam serangan yang menewaskan 4 orang yahudi di kosher, seorang pegawai bernama Lassana Bathily yang diketahui seorang muslim berhasil menyelamatkan banyak sandera lain. Netanyahu pun mengucapkan terima kasih kepada Lassana Bathily atas keberaniannya menyelamatkan sandera yang sebagian besar merupakan yahudi.

"Mereka yang baru-baru ini membantai yahudi dalam sinagoga di Israel dan yang membantai (empat) yahudi serta jurnalis di Paris adalah bagian yang sama dari gerakan teror global," ucap Netanyahu. "Kita harus mengutuk mereka dengan cara yang sama," lanjutnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.