Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Kesalahan Bank, Pria China Terima Rp 16 Triliun di Tabungannya

Kompas.com - 09/01/2015, 16:01 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Jika ada yang namanya keberuntungan, mungkin itulah yang dialami seorang pekerja perusahaan pengembang di kota Chuzhou, Provinsi Anhui, China.

Suatu hari, pria yang hanya disebut dengan nama Li itu tiba-tiba mendapati rekening tabungannya "disesaki" uang sebesar 8 miliar yuan atau lebih dari Rp 16 triliun.

Li mengetahui hal ini ketika dia akan melakukan transfer uang dari tabungannya.
Merasa sangat terkejut dan menganggap uang tersebut bukan miliknya, Li kemudian melaporkan hal ini ke bank tempatnya menabung.

Sebelum melapor ke bank, Li sebenarnya sudah melaporkan situasi itu ke kepolisian pada malam harinya. Namun, polisi menyarankannya untuk langsung melaporkan masalah itu ke pihak bank.

Dipenuhi kebingungan, Li kemudian pergi ke bank dan melaporkan masalah itu. Pihak bank lalu melakukan pemeriksaan dan mengatakan memang mereka telah melakukan kesalahan. Seorang pegawai bank mengatakan, kesalahan terjadi saat pihak bank sedang membenahi sistem komputernya.

Mendapatkan laporan dari nasabahnya yang jujur itu, pihak bank mengucapkan terima kasih kepada Li. Sayangnya, tak ada imbalan apa pun yang diberikan pihak bank untuk menghargai kejujuran Li tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com