Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Charlie Hebdo" Akan Terbit dengan Tiras Satu Juta

Kompas.com - 09/01/2015, 08:43 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Majalah satire Perancis, Charlie Hebdo, akan dicetak sebagai perlawanan atas serangan yang diduga dilakukan oleh militan Islam, Rabu (7/1/2015), yang menewaskan 12 orang.

Korban jiwa dalam serangan dua pria bersenjata bertopeng itu termasuk 10 wartawan dan dua polisi.

Kolumnis Patrick Pelloux mengatakan, keputusan untuk tetap menerbitkan majalah itu akan menunjukkan bahwa "kebodohan tidak akan menang". Dengan tiras satu juta, jauh lebih banyak dari 60.000 per minggu seperti biasanya, Charlie Hebdo edisi khusus itu akan terdiri dari delapan halaman, atau setengah dari yang biasa.

"Amat sulit. Kami semua menderita, dengan duka, dengan ketakutan, tetapi kami akan tetap melakukannya karena kebodohan tidak akan menang," jelas Pelloux kepada kantor berita AFP.

Beberapa media lain, termasuk surat kabar Liberation dan Le Monde, akan membantu penerbitan majalah itu.

Serangan terjadi ketika sedang berlangsung rapat redaksi harian dan redakturnya, Stephane Charbonnier atau yang dipanggil Charb, termasuk yang tewas bersama dengan dua polisi pengawalnya. Dia sudah beberapa kali mendapat ancaman pembunuhan.

Serangan terhadap kantor Charlie Hebdo itu merupakan serangan dengan korban yang terbesar di Perancis sejak tahun 1961.

Majalah Charlie Hebdo pernah menerbitkan kartun Nabi Muhammad, yang memicu kemarahan umat Islam, tetapi juga menurunkan satire bertema agama lain.

Sebelum serangan, pesan Twitter Charlie Hebdo adalah kartun pemimpin kelompok yang menamakan diri Negara Islam, Abu Bakr al-Baghdadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com