Kompas.com - 08/01/2015, 17:02 WIB
EditorErvan Hardoko
OTTAWA, KOMPAS.com - Pemerintah Kanada telah sepakat untuk menerima 10.000 pengungsi Suriah dan 3.000 pengungsi Irak selama tiga tahun ke depan sebagai respon atas imbauan PBB. Demikian Kementerian Imigrasi Kanada menjelaskan, Rabu (7/1/2015).

Jumlah yang disepakati ini mencapai 10 persen dari imbauan terbaru badan urusan pengungsi PBB (UNHCR) yang meminta beberapa negara membuka pintunya bagi pengungsi dari kedua negara yang dikoyak perang itu.

Berdasarkan laporan UNHCR jumlah pengungsi Suriah kini sudah melampaui jumlah pengungsi Afganistan sebagai komunitas yang tercerabut dari akarnya dan membutuhkan perlindungan.

"Bangsa Suriah dan Irak ini tengah menghadapi bentuk kekerasan paling buruk di dunia saat ini," kata Chris Alexander, Menteri Imigrasi Kanada merujuk pada aksi brutal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Jutaan orang harus kehilangan tempat tinggal mereka sejak kekerasan di kedua negara itu meningkat. Sejak 2009, Kanada sudah menampung 20.000 pengungsi Irak. Sementara lebih dari 1.000 pengungsi Suriah juga tiba di Kanada sejak perang Suriah pecah pada 2011.

Keputusan pemerintah Kanada ini ditentang kelompok oposisi yang menganggap pemerintah terlalu lamban membuka pintunya bagi para pengungsi dari dua negara itu.

Keputusan Kanada ini muncul setelah Lebanon menerapkan peraturan baru di perbatasannya untuk membatasi banjir pengungsi Suriah ke negeri kecil tersebut.

Para pengungsi Suriah yang kini sudah berada di Lebanon juga akan semakin sulit mendapatkan pekerjaan di bawah aturan baru yang menerapkan prosedur legal yang rumit bagi para pengungsi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.