Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Tak Dikenal Berusaha Membakar Masjid di Swedia

Kompas.com - 26/12/2014, 05:49 WIB

ESKILSTUNA, KOMPAS.com - Seorang tak dikenal berusaha membakar sebuah masjid di kota Eskilstuna, Swedia, Kamis (25/11/2014). Polisi menyebut ada lima orang yang cedera akibat upaya pembakaran masjid ini.

Dilansir dari laman BBC, ada sekitar 15 hingga 20 orang yang sedang menunaikan salat di masjid yang terletak di lantai bawah sebuah gedung hunian. Media setempat memperlihatan asap dan api yang membakar jendela sebelum ditangani oleh petugas pemadam kebakaran.

"Seorang saksi mata melihat seseorang melempar sesuatu melalui jendela gedung yang juga berfungsi sebagai masjid. Kemudian terjadi kebakaran hebat," kata juru bicara polisi Lars Franzell kepada wartawan.

Dia mengatakan lima orang dibawa ke rumah sakit untuk menangani cedera akibat menghirup asap dan luka.

Polisi memperlakukan kejadian ini sebagai kebakaran yang disengaja. Tapi, menurut Franzell, hingga saat ini belum ada satu orang pun yang ditangkap.

Peristiwa pembakaran di hari Natal ini terjadi di tengah perdebatan sengit masyarakat Swedia terkait kebijakan imigrasi. Kelompok ekstrem kanan menginginkan pemotongan jumlah pencari suaka yang diizinkan masuk Swedia hingga 90 persen. Sedangkan partai moderat mendukung dipertahankannya kebijakan liberal negara tersebut.

Eskilstuna, yang dihuni banyak imigran, menjadi tempat bentrokan yang melibatkan kelompok neo-Nazi. Kelompok ekstrem kanan ini merupakan penentang kebijakan imigrasi Swedia permulaan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com