Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dibayangi Ancaman, Sony Putuskan akan Tayangkan "The Interview"

Kompas.com - 24/12/2014, 04:08 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sony Pictures Entertainment akhirnya memutuskan untuk tetap menayangkan film kontroversial The Interview di sejumlah bioskop di Amerika Serikat. The Interview yang merupakan film satire komedi itu memang menuai kontroversi dengan menayangkan adegan dibunuhnya pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un oleh dua agen intelijen AS, CIA, yang menyamar sebagai jurnalis.

Dilansir dari AFP, Rabu (24/12/2014) pagi, keputusan penayangan film ini berselang enam hari setelah sebelumnya sempat dibatalkan oleh Sony. Ancaman teror yang akan dilakukan jika film itu ditayangkan di bioskop dan aksi peretasan memang membuat Sony terlihat gentar untuk menayangkan film yang dibintangi Seth Rogen dan James Franco tersebut.

Keputusan Sony untuk menayangkan The Interview diungkap oleh CEO Sony Pictures Entertainment Michael Lynton. "Kami tidak pernah menyerah untuk merilis The Interview dan kami sangat antusias film ini akan hadir di sejumlah bioskop pada hari Natal," kata Lynton.

Film ini sepertinya akan dirilis di bioskop yang lebih kecil. The New York Times melaporkan, hanya sekitar 200 hingga 300 bioskop yang diharapkan akan menayangkan film itu. Angka ini tentu lebih kecil dari prediksi awal yang menyebut hingga 2.500 bioskop yang awalnya akan menayangkan. Perilisan film akan dimulai di Austin dan Atlanta.

Seth Rogen, bintang sekaligus sutradara The Interview, memuji Sony atas keputusan ini. "Masyarakat telah berbicara! Kebebasan menang! Sony tidak menyerah! The Interview akan tayang di bioskop yang mau menayangkannya pada Hari Natal," demikian kicau Rogen di akun Twitter miliknya.

Sejumlah peretasan yang ditujukan kepada Sony memang menjadikan studio film yang berbasis di California, AS, itu menjadi pusat perhatian. Apalagi, Sony diprediksi mengalami kerugian hingga 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun. (Baca: Diretas, Berapa Kerugian Sony Pictures?)

Tidak hanya peretasan, beragam ancaman pun muncul. Kelompok yang mengatasnamakan Guardians of Peace mengancam akan melakukan teror serangan ke sejumlah bioskop yang menayangkan film The Interview. (Baca: Peretas Sony Ancam Serang Bioskop di AS)

Tidak hanya itu, keluarga pegawai Sony pun juga ikut terkena ancaman.  Ancaman disampaikan Guardians of Peace melalui email yang didapat dari aksi peretasan. (Baca: Peretas Ancam Keluarga Pegawai Sony)

Korea Utara dituduh sebagai dalang di balik aksi peretasan dan teror. Meski begitu, Korea Utara berulang kali melontarkan bantahan, meskipun juga memuji kelompok yang melakukan peretasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com