Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bantah Terlibat Lumpuhnya Jaringan Internet Korea Utara

Kompas.com - 23/12/2014, 22:55 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, Selasa (23/12/2014), menyatakan tidak terlibat dalam insiden terputusnya sambungan internet di Korea Utara selama hampir 10 jam.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menegaskan tuduhan atas keterlibatan negaranya dalam pemutusan itu sama sekali tidak bertanggung jawab, walau satu-satunya akses Korea Utara untuk internet adalah melalui negeri itu yaitu lewat layanan pemberi jasa Unicom.

"Laporan spekualtif dan tidak beralasan itu sama sekali tidak layak mendapat kredit. Laporan-laporan itu tidak bertanggung jawab, tidak profesional dan menyesatkan," tegas Hua Chunying kepada kantor berita AP.

Jaringan internet Korea Utara dilaporkan mengalami gangguan parah selama hampir 10 jam walau tidak ada kepastian tentang teputusnya internet dari para pejabat Korea Utara.

Sementara itu muncul spekulasi bahwa Amerika Serikat yang berada di balik masalah tersebut mengingat Washington sebelumnya menuduh Pyongyang berada di balik peretasan komputer milik Sony Pictures.

Akibat peretasan yang kemudian diikuti ancaman, Sony Pictures membatalkan pemutaran film The Interview. Sony memproduksi The Interview,sebuah film parodi tentang upaya pembunuhan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Film ini mendapat kecaman keras pemerintah Korut.

Namun, Korea Utara membantah terlibat dalam peretasan komputer Sony.Pekan lalu, pemerintah AS mengatakan penyelidikan FBI menunjukkan bahwa Korea Utara berada di balik serangan internet terhadap Sony.

Pernyataan itu ditanggapi Korea Utara dengan ancaman untuk melakukan serangan di semua ruang perang, termasuk ruang perang internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com