Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Kamerun Tewaskan 116 Anggota Boko Haram

Kompas.com - 18/12/2014, 17:31 WIB
YAOUNDE, KOMPAS.com — Militer Kamerun, Kamis (18/12/2014), mengatakan, pihaknya berhasil menewaskan 116 anggota kelompok militan Boko Haram dalam sebuah baku tembak di wilayah utara negeri itu.

Sebelumnya, pada Rabu (17/12/2014), Boko Haram menyerang pangkalan militer di Amchide yang terletak tak jauh dengan perbatasan Nigeria. Namun, para prajurit Kamerun berhasil memukul mundur Boko Haram.

"Iring-iringan yang terdiri atas sebuah truk militer dan empat mobil bak terbuka milik BIR (Batalyon Intervensi Cepat) terjebak dalam sebuah penyergapan yang diawali ledakan bom pinggir jalan," demikian pernyataan AD Kamerun.

"Pada saat yang sama, pangkalan militer Amchide diserang ratusan anggota Boko Haram. Namun, respons dari pasukan kami sangat cepat dan efektif," tambah pernyataan itu.

"Sedikitnya 116 orang penyerang tewas di wilayah Kamerun dan sisanya tewas di wilayah Nigeria akibat tembakan artileri kami. Di pihak kami satu orang tewas dan seorang perwira hilang," lanjut AD Kamerun.

Berdasarkan keterangan AD Kamerun, Boko Haram berhasil menghancurkan sebuah truk dan mobil pikap militer dan berhasil mencuri satu buah truk.

Kekuatan Boko Haram di wilayah perbatasan Kamerun dan Nigeria yang hanya dipisahkan sebuah jembatan itu semakin kuat. Boko Haram berulang kali menyerang pedesaan dan membunuh banyak warga sipil. Belakangan Boko Haram juga menyerang sejumlah target militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com