Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Biayai Pembangunan Jalur Kereta Cepat Hungaria-Serbia

Kompas.com - 17/12/2014, 21:48 WIB
BELGRADE, KOMPAS.com - Pemerintah China, Rabu (17/12/2014), menandatangani sebuah kesepakatan untuk membiayai pembangunan kereta api peluru super cepat antara Budapest, Hungaria menuju ke Belgrade, Serbia.

Jalur ini merupakan salah satu kunci bagi ekspansi jaringan kereta api yang sedang dikembangkan Beijing untuk membawa produknya ke pasaran Eropa.

"Jalur ini akan memberikan sebuah koridor antara China dan Eropa. Pengembangan jalur kereta api ini akan sangat bermanfaat baik bagi Hungaria maupun Serbia," kata Perdana Menteri China Li Keqiang usai penandatanganan kesepakatan di Belgrade.

Li menambahkan dia sangat yakin proyek, yang menurut media setempat bernilai 1,9 miliar dolar atau sekitar Rp 24 triliun itu, akan bisa diselesaikan hanya dalam waktu dua tahun.

Penandatanganan kesepatakan ini merupakan puncak dari sebuah konferensi tingkat tinggi di Belgrade yang dihadiri 16 kepala negara-negara Eropa tengah dan timur yang dirancang untuk mengukuhkan rencana Beijing membangun jaringan transportasi untuk mengekspor produk negeri itu ke Eropa.

China juga berharap bisa mengubah pelabuhan Piraeus, Yunani menjadi pusat perdagangan Eropa di masa mendatang. Saat ini perusahaan perkapalan China Cosco mendapatkan konsesi selama 35 tahun untuk mengembangkan dua terminal kontainer pelabuhan Piraeus.

Sebelum menandatangani kesepakatan ini, PM Li bertemu dengan PM Hungaria Viktor Okban, PM Macedonia Nikola Gruevski dan PM Serbia Aleksandar Vucic untuk mendiskusikan detil proyek raksasa itu.

Macedonia, yang terletak di antara koridor yang menghubungkan Hungaria dan Yunani melintasi Serbia, berencana akan menyusul untuk ikut dalam proyek ini.

Nilai perdagangan antara China dan kawasan Balkan bertambah lima kali lipat sejak 2003. Kementerian Perdagangan China memperkirakan nilai perdagangan China-Balkan tahun ini bisa melampaui angka 60 miliar dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com