Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McDonald's di Jepang Kekurangan Kentang Goreng

Kompas.com - 17/12/2014, 15:51 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Perusahaan restoran makanan cepat saji McDonald's di Jepang kekurangan kentang goreng akibat perselisihan industri yang terjadi di Amerika Serikat.

Sebanyak 20.000 buruh pelabuhan dan para operator terminal dan jalur pelayaran di 29 pelabuhan di pantai barat Amerika Serikat terlibat dalam perselisihan ini. Akibatnya, pihak McDonald's Jepang harus membatasi kentang goreng untuk pelanggan.

"Sayang sekali kami harus melakukan langkah ini karena jika tidak, kami terancam kehabisan kentang goreng di sejumlah outlet pada akhir tahun," kata juru bicara McDonald's Jepang Kokoro Toyama.

Ada lebih dari 3.100 outlet McDonald di Jepang dan saat ini mereka hanya akan menyediakan kentang goreng dalam porsi kecil. Meski begitu, mereka tidak akan membatasi banyaknya porsi yang akan dipesan para pelanggan.

Lebih dari 1.000 ton kentang telah diterbangkan untuk meningkatkan pasokan dan akan tiba pekan ini. Selanjutnya, sebanyak 1.600 kentang ton akan diimpor melalui laut, tetapi hal itu memakan waktu yang lama sehingga tidak akan tiba sampai Januari.

Ini bukan kali pertama Jepang dilanda kekurangan bahan makanan dalam beberapa pekan terakhir. Bulan ini, persediaan mentega sudah sangat berkurang sehingga sejumlah supermarket harus membatasi para pelanggan untuk membeli satu bungkus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com