Kompas.com - 15/12/2014, 23:34 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SYDNEY, KOMPAS.com -- Sejumlah pengguna media sosial di Australia mengirimkan pesan solidaritas untuk Muslim di Negeri Kangguru itu, Senin (15/12/2014), terkait insiden penyanderaan di kafe di Sydney. Para pengguna media sosial ini menyatakan akan berdiri bersama para Muslim yang merasa terintimidasi menyusul insiden tersebut.

Penyanderaan di kafe Lindt Chocolat yang dinyatakan berakhir pada Senin malam itu, diduga dilakukan oleh seorang lelaki bersenjata yang mengibarkan bendera "berbau" Islam yang biasa dipakai kelompok militan tertentu.

Penampakan tersebut memunculkan spekulasi tentang aksi teroris perseorangan, sekaligus meningkatkan kekhawatiran bakal mengundang serangan balasan dengan sasaran masyarakat Muslim di Australia.

Penduduk Sydney, Rachael Jacobs, menulis di laman Facebook bahwa dia melihat seorang wanita di dalam kereta melepas kerudung. Melihat itu, Jacobs pun menawarkan menemani perempuan itu selama perjalanan.

Kejadian semacam yang ditemui Jacobs itu memicu kampanye di Twitter, yang menawarkan pendampingan bagi para Muslim--terutama yang berbusana muslimah--selama menumpang transportasi publik dan merasa tidak aman. Tagar #IllRideWithYou menjadi penanda bagi lebih dari 90.000 cuitan hanya pada Senin petang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.