Kompas.com - 15/12/2014, 23:14 WIB
EditorErvan Hardoko
SYDNEY, KOMPAS.com — Sebanyak dua orang tewas dan tiga lainnya dalam kondisi kritis setelah polisi Australia menyerbu Kafe Lindt, Sydney, Senin (15/12/2014) malam atau Selasa dini hari waktu setempat.

Stasiun televisi ABC memperlihatkan tujuh orang terlihat ditandu keluar dari kafe tersebut setelah penyerbuan berakhir. Sementara itu, lima orang lainnya langsung mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu, nasib pelaku penyanderaan yang disebut bernama Man Haron Monis sejauh ini belum diketahui. Juga belum diperoleh informasi terkait korban dari pihak kepolisian.

Seorang sumber kepolisian menyebutkan, Haron Monis adalah seorang pengungsi asal Iran yang mendapatkan suaka politik di Australia itu, saat ini berstatus bebas dengan jaminan untuk sejumlah kasus kriminal.

Salah satu kasus yang menjerat pria yang menyebut dirinya sebagai Sheikh Haron itu adalah pembunuhan mantan istrinya.

Dia juga dijerat 40 tuduhan pelecehan seksual dan terbukti bersalah telah mengirim surat bernada ancaman dan penghinaan terhadap delapan janda tentara Australia yang tewas di Afganistan.

Kuasa hukum Monis, Manny Conditsis, menggambarkan kliennya sebagai sosok yang penyendiri dan dia yakin bahwa Monis melakukan aksinya seorang diri. "Ideologinya sangat kuat sehingga menutupi akal sehat dan tujuan hidupnya," ujar Conditsis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.