Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Sketsa Komik Tintin Terjual Rp 31 Miliar

Kompas.com - 15/12/2014, 19:52 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Sebuah sketsa tokoh komik terkenal Tintin terbitan 1939 terjual dengan harga 673.468 dolar AS atau sekitar Rp 8,6 miliar dalam sebuah lelang di Brussels dan Paris, Minggu (14/12/2014).

Sketsa karya Herge itu merupakan salah satu dari ratusan komik itu yang terjual dengan total nilai mencapai 2,4 juta dolar hampir Rp 31 miliar. Penyelenggara lelang mengatakan pendapatan itu jauh di atas perkiraan semula.

Sketsa Tintin di India yang dibuat menggunakan tinta dan crayon itu menjadi halaman muka majalan Le Petit Vingtieme terjual di atas perkiraan awal yaitu antara 440.000-500.000 dolar AS.

Sketsa itu sekaligus memecahkan rekor untuk sketsa karya Herge yang digunakan menjadi sampul sebuah majalah. Pembeli sketsa langka itu, yang tidak disebutkan identitasnya, melakukan penawaran lewat telepon ke rumah lelang Millon di ibu kota Belgia, Brussels.

Sebanyak 101 karya Herge dilelang di Brussels dan Paris, tercatat 86 buah sketsa laku terjual.

Pada Mei lalu, dua halaman komik Tintin di berbagai petualangan dan anjingnya Snowy terbitan 1937 terjual dalam lelang di Paris dengan harga 3,58 juta dolar atau sekitar Rp 46 miliar.

Harga ini memecahkan rekor penjualan sebuah seni kartun di pasaran di mana harganya melonjak 10 kali lipat dalam beberapa hari terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com