Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Ebola, Raja Saudi Keluarkan Rp 434 Miliar

Kompas.com - 12/12/2014, 03:27 WIB
KOMPAS.com - Raja Abdullah dari Arab Saudi memberikan bantuan 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 434 miliar untuk membantu mengatasi Ebola di kawasan Afrika barat.

Melalui Bank Pembangunan Islam, dana itu akan dimanfaatkan untuk membeli peralatan medis.

Selain itu, bantuan juga akan digunakan untuk membangun pusat perawatan khusus di setiap tiga negara yang paling parah mengalami wabah Ebola, Sierra Leone, Guinea, dan Liberia.

Korban Ebola masih terus terjadi sejak virus menyebar tahun ini. Para petugas kesehatan di Sierra Leone menemukan puluhan jenazah warga di bagian timur yang meninggal dunia karena Ebola.

Jenazah-jenazah ditemukan di kawasan pertambangan. Di antara yang ditemukan meninggal dunia adalah seorang perawat dan petugas ambulans.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan 87 orang telah dikuburkan dalam tempo 11 hari, 25 mayat lainnya teronggok di rumah sakit.

WHO menambahkan staf medis dan tim pengubur setempat kehabisan sumber daya dan kehabisan akal mengatasi persoalan itu.

Sejauh ini lebih dari 6.000 orang meninggal dunia di kawasan Afrika barat selama tahun ini, termasuk lebih dari 1.500 orang di Sierra Leone sejak Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com