Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih: Selasa, Komite Pertahanan Senat Akan Publikasikan Laporan Penyiksaan CIA

Kompas.com - 09/12/2014, 03:04 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com -- Gedung Putih, Senin (8/12/2014), memastikan informasi bahwa laporan investigasi Senat soal praktik penyiksaan oleh badan intelijen Amerika (CIA) saat menginterogasi para tersangka terkait Al Qaeda akan dipublikasikan pada Selasa (9/12/2014).

Dengan sangat banyak pengeditan, laporan itu diharapkan bisa menjadi pemberat dakwaan terhadap para pelaku program rahasia yang menginterogasi lebih dari 100 orang tahanan terkait Al Qaeda. Sebelumnya, Presiden Barack Obama sudah menyebut praktik ini sebagai penyiksaan.

"Kami telah mendengar dari Komite (Pertahanan di Senat) bahwa mereka berniat mengeluarkan laporan tersebut besok (Selasa, red)," kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, Senin.

Earnest mengatakan sejumlah langkah hati-hati telah ditempuh untuk memperkuat keamanan di fasilitas dan misi diplomatik Amerika di luar negeri, sebagai langkah jaga-jaga bila ada bagian laporan yang bocor dan memicu kemarahan pihak terkait.

"Pemerintah sangat mendukung publikasi ringkasan bagian non-rahasia dari laporan ini," kata Earnest, sembari menekankan bahwa Obama sudah melarang keras penggunaan metode interogasi tersebut.

Laporan ini mengungkap perlakuan CIA terhadap 100 tersangka yang diduga terkait dengan Al Qaeda selama Amerika menjalankan operasi rahasia pada 2001 hingga 2009. Metoda interogasi ini kerap disebut sebagai teknik "menyiksa tanpa menyentuh" (no touch torture).

Beberapa di antara teknik menyiksa ini adalah mengguyur kepala tahanan yang tangan dan kakinya terikat (waterboarding), menempatkan tersangka dalam posisi sangat tak nyaman di ruangan sempit (stress positions), mendengarkan musik sangat kencang selama berjam-jam, dan beragam teknik penyiksaan lain.

Kuasa hukum CIA menyatakan metoda itu telah menyelamatkan banyak nyawa orang Amerika, seiring terungkapnya jaringan Al Qaeda. Namun, para pengkritik menyebut teknik penyiksaan oleh CIA ini bertentangan dengan nilai-nilai Amerika dan justru mengeraskan perlawanan terhadap Amerika. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com