Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Barang Terbesar di Dunia Mulai Pelayaran Perdana ke Eropa

Kompas.com - 08/12/2014, 18:43 WIB
SHANGHAI, KOMPAS.com - Kapal barang terbesar di dunia, CSCL Globe, Senin (8/12/2014), memulai pelayaran perdananya dari Shanghai menuju Eropa. Demikian perusahaan pemilik kapal itu China Shipping Container Lines (CSCL).

Kapal raksasa berukuran panjang 400 meter dengan lebar 60 meter itu memulai perjalanannya dari pelabuhan Yanghsan, Shanghai. Masih berdasarkan pernyataan CSCL.

Kapal ini adalah satu dari lima kapal berbobot 19.100 TEU yang dipesan CSCL pada 2013 dari perusahaan Korea Selatan, Hyundai dan pengiriman pertama kapal itu dilakukan pada November lalu.

Kapal ini adalah yang terbesar dan paling canggih di dunia dan disebut sebagai "Airbus-nya industri perkapalan". Jika seluruh kapasitas angkut kapal ini digunakan maka kapal tersebut mampu mengangkat beban lima kali Gunung Everest atau mampu mengangkut 200 juta unit komputer tablet.

Kantor berita Xinhua menbaharkan kapal itu juga diklaim sebagai yang paling irit energi dan menghasilkan emisi jauh lebih rendah dibanding kapal barang dengan kapasitas angkut di bawahnya.

Pekan lalu, CSCL merilis foto kapal itu tengah merapat di pelabuhan Tianjin dan Qingdaro, di mana upacara pelepasan kapal tersebut untuk jalur Eropa timur jauh ditetapkan. Kapal besar itu akan singgah di beberapa pelabuhan termasuk Ningbo, China timur dan Singapura sebelum tiba di Eropa. Demikian Xinhua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com