Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Studi ke Luar Negeri, Gadis Saudi Gugat Ayahnya

Kompas.com - 08/12/2014, 16:35 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Sebuah pengadilan di Arab Saudi tengah memproses sebuah kasus yang melibatkan seorang perempuan muda dan ayahnya.

Harian Makkah mengabarkan, gadis muda itu mengadukan ayahnya karena melarang dia menyelesaikan sekolah di luar negeri setelah dia tidak mau membagi uang beasiswanya dengan sang ayah.

Di hadapan para hakim, gadis itu mengatakan, ayahnya tidak mengizinkannya kembali ke negara yang menjadi tempat studinya. Sang ayah berulang kali meminta sebagian uang beasiswanya, tetapi gadis itu tak pernah memenuhi permintaan itu.

Setelah sang ayah menyadari putrinya tak berniat membagi uang beasiswanya, dia menunggu putrinya hingga kembali pulang dan melarangnya pergi ke luar negeri untuk menyelesaikan studinya.

Gadis itu menuduh ayahnya menjadi pencandu obat terlarang dan memiliki catatan kriminal. Sebuah sumber kepada harian Makkah mengatakan, kasus-kasus seperti ini selalu sulit dalam penyelesaiannya.

Dalam kasus ini, ayah itu menolak membeberkan alasannya mengapa dia tak mengizinkan putrinya kembali melanjutkan studi di luar negeri. Demikian dijelaskan sumber tersebut.

Hakim kini tengah mengevaluasi kasus tersebut berdasarkan sikap sang ayah dan mencoba untuk melakukan verifikasi apakah alasan sang ayah valid atau tidak. Sumber itu menambahkan, hakim belum menemukan alasan kuat dari sang ayah sehingga harus melarang putrinya menuntut ilmu di luar negeri.

Keputusan nantinya akan sangat bergantung pada diskresi dan evaluasi hakim, yang harus menghitung kerugian yang diderita gadis itu setelah ayahnya tak mengizinkan dia kembali berstudi.

Jika sang ayah yang juga menjadi penjaga gadis muda itu terus dengan sengaja menghindari pengadilan, hakim bisa mengambil alih fungsi penjaga dari sang ayah. Jika pengadilan nantinya menjadi "ayah" gadis itu, kemungkinan besar keinginan gadis muda itu untuk menuntut ilmu ke luar negeri bisa terwujud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com