Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Taksi Lewat Uber, Perempuan Diperkosa

Kompas.com - 08/12/2014, 10:08 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com  Seorang perempuan di India mengatakan diperkosa oleh seorang sopir taksi setelah memesan taksi menggunakan aplikasi pesanan taksi Uber yang populer.

Perempuan berusia 26 tahun dari Delhi itu mengatakan kepada polisi bahwa dia jatuh tertidur di taksi dan ketika terbangun kendaraan sudah diparkir di bagian yang terpencil di ibu kota.

Pemeriksaan medis menemukan bahwa ia diperkosa, kata polisi. Seorang pria yang dicurigai sebagai sopir taksi yang membawanya telah ditangkap.

Insiden terakhir ini muncul di tengah-tengah meningkatnya kekhawatiran akan kekerasan seksual terhadap kaum perempuan di India.

Uber—yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar taksi online serta berbagi taksi dengan orang lain—mengatakan sudah bekerja sama dengan polisi.

"Kami memikirkan korban kejahatan ini dan bekerja sama dengan polisi saat mereka melakukan investigasi," kata Uber dalam suatu pernyataan.

Perempuan yang bekerja di bidang keuangan itu mengatakan kepada polisi bahwa dia memesan taksi setelah makan malam di sebuah restoran pada Jumat (5/12/2014) malam.

Ada kemungkinan kepolisian juga akan menggugat Uber karena dianggap gagal memeriksa apakah latar belakang seorang pengemudi sudah diperiksa dengan benar atau tidak.

Pemerkosaan terbaru di India kembali memicu aksi unjuk rasa oleh sejumlah warga yang menganggap pemerintah dan aparat keamanan belum bertindak cukup untuk mengurangi pemerkosaan di India.

Bulan Desember 2012, pemerkosaan secara berkelompok terhadap seorang mahasiswa di ibu kota Delhi memicu unjuk rasa besar di sejumlah tempat di India. Korban, yang dirahasiakan namanya, akhirnya meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com