Kompas.com - 08/12/2014, 10:08 WIB
EditorEgidius Patnistik
NEW DELHI, KOMPAS.com  Seorang perempuan di India mengatakan diperkosa oleh seorang sopir taksi setelah memesan taksi menggunakan aplikasi pesanan taksi Uber yang populer.

Perempuan berusia 26 tahun dari Delhi itu mengatakan kepada polisi bahwa dia jatuh tertidur di taksi dan ketika terbangun kendaraan sudah diparkir di bagian yang terpencil di ibu kota.

Pemeriksaan medis menemukan bahwa ia diperkosa, kata polisi. Seorang pria yang dicurigai sebagai sopir taksi yang membawanya telah ditangkap.

Insiden terakhir ini muncul di tengah-tengah meningkatnya kekhawatiran akan kekerasan seksual terhadap kaum perempuan di India.

Uber—yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar taksi online serta berbagi taksi dengan orang lain—mengatakan sudah bekerja sama dengan polisi.

"Kami memikirkan korban kejahatan ini dan bekerja sama dengan polisi saat mereka melakukan investigasi," kata Uber dalam suatu pernyataan.

Perempuan yang bekerja di bidang keuangan itu mengatakan kepada polisi bahwa dia memesan taksi setelah makan malam di sebuah restoran pada Jumat (5/12/2014) malam.

Ada kemungkinan kepolisian juga akan menggugat Uber karena dianggap gagal memeriksa apakah latar belakang seorang pengemudi sudah diperiksa dengan benar atau tidak.

Pemerkosaan terbaru di India kembali memicu aksi unjuk rasa oleh sejumlah warga yang menganggap pemerintah dan aparat keamanan belum bertindak cukup untuk mengurangi pemerkosaan di India.

Bulan Desember 2012, pemerkosaan secara berkelompok terhadap seorang mahasiswa di ibu kota Delhi memicu unjuk rasa besar di sejumlah tempat di India. Korban, yang dirahasiakan namanya, akhirnya meninggal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.