Kompas.com - 05/12/2014, 23:27 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com - Perancis bersedia membayar ganti rugi 60 juta dollar AS--setara sekitar Rp 720 miliar--sebagai kompensasi bagi warga negara Amerika maupun negara lain yang selama Perang Dunia II dikirim ke kamp konsentrasi Nazi memakai gerbong kereta milik Perancis.

Kesepakatan itu dicapai pada Jumat (5/12/2014), setelah proses negosiasi dan diplomasi selama paling tidak dua tahun terakhir. Dengan dicapainya kesepakatan ini, perusahaan kereta api Perancis (SNCF) bisa "bertarung" untuk mengikuti tender proyek utama di Maryland, salah satu negara bagian Amerika. 

"Amerika dan Perancis telah mencapai kesepakatan bersejarah berupa kompensasi yang substansial, terkait deportasi oleh Perancis selama Holocaust," kata negosiator Amerika, Stuart Eizenstat, Jumat.

Menurut Eizenstat, kesepakatan ini merupakan satu lagi pengukur keadilan bagi mereka yang terluka selama Perang Dunia II. Dia menyebut masa itu sebagai era tergelap dalam sejarah manusia. Dia pun berpendapat kesepakatan ini juga bakal mempererat kemitraan antara Amerika dan Perancis.

Beberapa ribu orang dapat mengklaim kompensasi ini. Di antara ribuan orang tersebut, hak untuk mengklaim kompensasi itu juga berlaku untuk mereka yang berkewarganegaraan Israel dan Kanada, tak hanya untuk warga Amerika.

Selama pendudukan Jerman di Perancis, rezim Nazi telah mengirimkan  sekitar 76.000 orang ke kamp konsentrasi menggunakan gerbong kereta milik Perancis, pada kurun 1942 hingga 1944.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.