Kompas.com - 04/12/2014, 10:04 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemerintah Irak menyatakan, perempuan yang ditangkap aparat keamanan Lebanon bukan salah seorang istri dari pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Irak, perempuan yang diidentifikasi Pemerintah Lebanon, bernama Saja al-Duleimi, adalah saudara dari seorang pria yang ditahan di Irak dan dijatuhi hukuman mati terkait serangan bom.

Ditambahkan bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, memang memiliki dua istri, tetapi tidak satu pun yang bernama Saja al-Duleimi.

Sebuah surat kabar Lebanon menyatakan bahwa istri dan anak Al-Baghdadi ditangkap beberapa hari lalu ketika melintasi perbatasan masuk ke Lebanon dengan menggunakan dokumen palsu. Interogasi atas Saja setelah dia ditangkap diawasi oditur militer Lebanon.

Tidak jelas kenapa yang disebut istri dan anak Al-Baghdadi itu melintas ke Lebanon karena di negara itu tidak ada wilayah yang dikuasai ISIS.

Kelompok itu saat ini menyandera sejumlah tentara Lebanon dan mengancam akan membunuh mereka bila anggota-anggota kelompok itu tidak dilepaskan dari penjara Lebanon.

Wartawan BBC di Beirut sebelumnya melaporkan, jika yang tertangkap benar-benar istri dan putra Al-Baghdadi, pemerintah mungkin akan memanfaatkan mereka untuk menekan ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.