Kompas.com - 03/12/2014, 12:44 WIB
EditorErvan Hardoko
BERLIN, KOMPAS.com — Tindak pidana korupsi dikhawatirkan memburuk di China, Turki, dan negara-negara lain dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Demikian hasil Indeks Persepsi Korupsi (CPI) 2014 yang dirilis Transparansi Internasional pada Rabu (3/12/2014).

Dalam rilis terbarunya itu, Sudan, Korea Utara, dan Somalia menjadi tiga negara paling korup di dunia. Sementara Denmark, Selandia Baru, dan Finlandia adalah negara paling bersih dari korupsi.

Selain itu, hasil survei Transparansi Internasional menemukan peningkatan korupsi di Turki, yang peringkat CPI-nya menurun jauh tahun ini. Turki juga menduduki peringkat korupsi paling rendah di antara negara-negara ekonomi baru yang dikenal dengan nama BRIC—Brasil, Rusia, India, dan China.

"Korupsi adalah masalah untuk semua negara sehingga pusat-pusat keuangan dunia di Uni Eropa dan AS harus bekerja sama dengan negara-negara yang pesat pertumbuhan ekonominya untuk menghentikan korupsi," demikian pernyataan Transparansi Internasional.

Dari 175 negara yang disurvei, Turki menjadi negara yang posisinya turun paling banyak. Sementara China juga menurun dan kini bersanding dengan Rwanda, Malawi, dan Angola.

Transparansi mengatakan, Turki, yang diguncang unjuk rasa anti-pemerintah tahun lalu, telah memberangus kebebasan berpendapat dengan banyak melakukan penahanan terhadap para jurnalis.

"Dengan serangkaian investigasi kasus suap dan korupsi terhadap lingkaran dekat pemerintah, persepsi umum yang muncul adalah korupsi meningkat secara signifikan di Turki," demikian Transparansi Internasional.

Sedangkan di China, lanjut Transparansi, meski pemerintah melakukan gerakan memberantas korupsi, tetapi sebagian besar kasus korupsi yang belum terungkap dan membutuhkan transparansi lebih luas.

Sementara di Asia Tenggara, Singapura menjadi negara terbersih dengan menempati peringkat 7 daftar CPI Transparansi Internasional. Lalu di mana posisi Indonesia? Indonesia duduk di peringkat 107 dari 175 negara. Posisi Indonesia jauh berada di bawah Singapura (7), Malaysia, Filipina, dan Thailand (85).

Untuk urusan korupsi, Indonesia hanya lebih baik dari Vietnam (119), Timor Leste (133), Laos (145), serta Kamboja dan Myanmar (156). Indonesia juga lebih baik ketimbang Rusia (136), Ukraina (142), Paraguay (150), Kolombia (161), dan sejumlah negara di Afrika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.