Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Korupsi Dunia: Denmark Terbersih, Indonesia Ke-107

Kompas.com - 03/12/2014, 12:44 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Tindak pidana korupsi dikhawatirkan memburuk di China, Turki, dan negara-negara lain dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Demikian hasil Indeks Persepsi Korupsi (CPI) 2014 yang dirilis Transparansi Internasional pada Rabu (3/12/2014).

Dalam rilis terbarunya itu, Sudan, Korea Utara, dan Somalia menjadi tiga negara paling korup di dunia. Sementara Denmark, Selandia Baru, dan Finlandia adalah negara paling bersih dari korupsi.

Selain itu, hasil survei Transparansi Internasional menemukan peningkatan korupsi di Turki, yang peringkat CPI-nya menurun jauh tahun ini. Turki juga menduduki peringkat korupsi paling rendah di antara negara-negara ekonomi baru yang dikenal dengan nama BRIC—Brasil, Rusia, India, dan China.

"Korupsi adalah masalah untuk semua negara sehingga pusat-pusat keuangan dunia di Uni Eropa dan AS harus bekerja sama dengan negara-negara yang pesat pertumbuhan ekonominya untuk menghentikan korupsi," demikian pernyataan Transparansi Internasional.

Dari 175 negara yang disurvei, Turki menjadi negara yang posisinya turun paling banyak. Sementara China juga menurun dan kini bersanding dengan Rwanda, Malawi, dan Angola.

Transparansi mengatakan, Turki, yang diguncang unjuk rasa anti-pemerintah tahun lalu, telah memberangus kebebasan berpendapat dengan banyak melakukan penahanan terhadap para jurnalis.

"Dengan serangkaian investigasi kasus suap dan korupsi terhadap lingkaran dekat pemerintah, persepsi umum yang muncul adalah korupsi meningkat secara signifikan di Turki," demikian Transparansi Internasional.

Sedangkan di China, lanjut Transparansi, meski pemerintah melakukan gerakan memberantas korupsi, tetapi sebagian besar kasus korupsi yang belum terungkap dan membutuhkan transparansi lebih luas.

Sementara di Asia Tenggara, Singapura menjadi negara terbersih dengan menempati peringkat 7 daftar CPI Transparansi Internasional. Lalu di mana posisi Indonesia? Indonesia duduk di peringkat 107 dari 175 negara. Posisi Indonesia jauh berada di bawah Singapura (7), Malaysia, Filipina, dan Thailand (85).

Untuk urusan korupsi, Indonesia hanya lebih baik dari Vietnam (119), Timor Leste (133), Laos (145), serta Kamboja dan Myanmar (156). Indonesia juga lebih baik ketimbang Rusia (136), Ukraina (142), Paraguay (150), Kolombia (161), dan sejumlah negara di Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com