Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Tim ke Lokasi Kapal Tenggelam di Rusia

Kompas.com - 02/12/2014, 19:28 WIB
MOSKWA, KOMPAS.COM - Pencarian puluhan kru kapal, termasuk 32 awak asal Indonesia yang hilang, masih dilakukan menyusul tenggelamnya kapal Korea Selatan di Laut Bering, Rusia, Senin (1/12/2-2014) kemarin.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskwa hari ini mengirim dua staf mereka untuk ikut membantu identifikasi korban selamat.

"Angka masih terus bisa berubah karena upaya pencarian terus berlangsung, kami menunggu angka resmi dari pemerintah Rusia hari ini," kata Yul Edison, staf KBRI Moskwa, kepada BBC Indonesia.

Sebelumnya diberitakan ada delapan orang yang berhasil diselamatkan, terdiri dari tiga WNI, tiga Filipina, satu Rusia, dan satu Korea. Namun satu warga Korea yang diselamatkan meninggal dunia.

Staf KBRI Moskwa diharapkan tiba di lokasi kejadian malam ini atau besok. "Jarak cukup jauh, membutuhkan sembilan jam ke Vladivostok, dan harus menggunakan transportasi lain menuju lokasi di bagian timur laut," katanya.

Hingga saat ini upaya penyelamatan lanjutan belum berbuah hasil, dan otoritas di Korea Selatan khawatir jumlah korban tewas akan tinggi karena cuaca buruk menghambat pencarian, kantor berita AP melaporkan.

Verifikasi

Kapal penangkap ikan Oryong 501 memuat 60 awak dalam kapal, terdiri dari 35 warga Indonesia, 13 dari Filipina, 11 warga Korea Selatan, dan satu orang merupakan inspektur asal Rusia.

KBRI di Seoul mengkonfirmasi bahwa ada 35 WNI yang bekerja di kapal tersebut. Mereka diketahui diberangkatkan ke Korea secara resmi melalui setidaknya empat agen penyalur Indonesia.

"Kami masih melakukan verifikasi dan mencocokan identitas mereka," kata Cecep Herawan, Wakil Kepala KBRI Seoul.

Saat ini terdapat 32.622 buruh migran asal Indonesia di Korea Selatan, dan sekitar 3.499 di antaranya bekerja sebagai kru kapal, data KBRI Seoul.

Lembaga pemerhati buruh migran Indonesia, Migrant Care mengatakan banyak kru kapal asal Indonesia bekerja dalam kondisi kapal yang tidak layak sehingga menjadi korban kecelakaan.

"Kategori kapal apa yang pantas untuk mereka bekerja tidak ditentukan oleh pemerintah maupun agen penyalur," kata Syaiful Anas, staf advokasi Migrant Care.

Buruh migran yang menjadi kru kapal di luar negeri biasanya direkrut di wilayah-wilayah pantai, seperti Indramayu dan Cilacap karena warga umumnya sudah memiliki keahlian sebagai pelaut, kata Migrant Care.

Mereka mengatakan bahwa para kru kapal diberangkatkan melalui agen penyalur lokal (yang sebagian tidak terdaftar) menuju Taiwan dan China.

"Warga tergiur rayuan calo atau PT dengan iming-iming gaji dolar yang tinggi 300 sampai 500, tetapi begitu sampai sana, gaji tak lebih dari 100 dolar Amerika Serikat," sambung Syaiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com