Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Bulan Gabung dengan ISIS, Pria India Hanya Disuruh Bersihkan Toilet

Kompas.com - 02/12/2014, 11:12 WIB
MUMBAI, KOMPAS.com — Seorang pria India yang pernah bergabung bersama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengatakan, selama bergabung dengan ISIS, dia hanya melakukan pekerjaan kasar, seperti membersihkan toilet dan tak pernah sekali pun turun ke medan pertempuran.

Areeb Majeed, nama pria itu, memberi pengakuan tersebut saat ditanyai aparat keamanan India setelah dia ditahan ketika tiba di Mumbai, pekan lalu, setelah hampir enam bulan tinggal di Irak. Demikian dilaporkan The Times of India.

Berdasarkan keterangan Badan Investigasi Nasional (INA) yang dikutip harian itu, Majeed mengatakan, saat dia dan tiga rekannya menjalani latihan, para komandan ISIS menganggap kondisi fisik para pria India itu sangat lemah.

Majeed mengatakan, dia selalu tak diizinkan ikut bertempur dan para komandan malah memerintahkannya membersihkan kamar mandi dan menyiapkan air bersih untuk pasukan yang bertempur.

"Tak ada yang namanya perang suci atau ayat-ayat suci yang diikuti ISIS. Mereka hanya memerkosa perempuan di sana," kata Majeed kepada para penyidik.

Antusiasme pemuda berusia 23 tahun itu untuk ikut bertempur semakin tipis ketika dia tak mendapatkan perawatan saat mendapatkan luka tembak.

"Setelah memohon-mohon, barulah saya dibawa ke rumah sakit. Sebelumnya, saya mengobati diri sendiri, tetapi luka itu memburuk dan tak ada pengobatan dan makanan layak di kamp pelatihan," tambah Majeed.

Selain menceritakan pengalamannya di Irak, Majeed juga memberikan nama anggota ISIS yang merekrutnya dan tiga orang lainnya serta membantu mereka pergi ke Irak.

"Kami saat ini sedang memeriksa kebenaran klaimnya itu dan mencoba mencari lokasi kontak lokal ISIS itu," ujar seorang pejabat keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com