Kompas.com - 02/12/2014, 11:12 WIB
EditorErvan Hardoko
MUMBAI, KOMPAS.com — Seorang pria India yang pernah bergabung bersama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengatakan, selama bergabung dengan ISIS, dia hanya melakukan pekerjaan kasar, seperti membersihkan toilet dan tak pernah sekali pun turun ke medan pertempuran.

Areeb Majeed, nama pria itu, memberi pengakuan tersebut saat ditanyai aparat keamanan India setelah dia ditahan ketika tiba di Mumbai, pekan lalu, setelah hampir enam bulan tinggal di Irak. Demikian dilaporkan The Times of India.

Berdasarkan keterangan Badan Investigasi Nasional (INA) yang dikutip harian itu, Majeed mengatakan, saat dia dan tiga rekannya menjalani latihan, para komandan ISIS menganggap kondisi fisik para pria India itu sangat lemah.

Majeed mengatakan, dia selalu tak diizinkan ikut bertempur dan para komandan malah memerintahkannya membersihkan kamar mandi dan menyiapkan air bersih untuk pasukan yang bertempur.

"Tak ada yang namanya perang suci atau ayat-ayat suci yang diikuti ISIS. Mereka hanya memerkosa perempuan di sana," kata Majeed kepada para penyidik.

Antusiasme pemuda berusia 23 tahun itu untuk ikut bertempur semakin tipis ketika dia tak mendapatkan perawatan saat mendapatkan luka tembak.

"Setelah memohon-mohon, barulah saya dibawa ke rumah sakit. Sebelumnya, saya mengobati diri sendiri, tetapi luka itu memburuk dan tak ada pengobatan dan makanan layak di kamp pelatihan," tambah Majeed.

Selain menceritakan pengalamannya di Irak, Majeed juga memberikan nama anggota ISIS yang merekrutnya dan tiga orang lainnya serta membantu mereka pergi ke Irak.

"Kami saat ini sedang memeriksa kebenaran klaimnya itu dan mencoba mencari lokasi kontak lokal ISIS itu," ujar seorang pejabat keamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.