Kompas.com - 01/12/2014, 09:44 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ternyata tak hanya gemar menebar propaganda berbau kekerasan atau video-video pemenggalan sandera mereka. Ternyata, ISIS juga menyebarkan sejumlah resep makanan buatan mereka lewat internet.

Salah satu yang belum lama ini disebar lewat internet adalah resep kue panekuk atau serabi. Meski hanya sebuah resep, ISIS tak lupa menyertainya dengan kalimat propaganda, yaitu kue itu bisa "meningkatkan energi dan kekuatan terhadap pejuangnya".

Resep kue ini disebarkan Al-Zawra, sebuah organisasi sayap ISIS, yang bertugas mempersiapkan para perempuan anggota ISIS untuk pertempuran.
 
Al-Zawra dikenal aktif menggunakan media sosial untuk membimbing para istri anggota ISIS dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti menjahit, memasak, memberikan pertolongan pertama selain juga tentang Islam, hukum syariah, dan persenjataan.

Bahan-bahan pembuat kue yang diunggah ke internet dan disertai dengan gambar itu sebenarnya tak berbeda dengan resep membuat kue seperti biasanya, misalnya sebutir telur, satu cangkir tepung, empat sendok makan gula pasir, satu sendok makan minyak kelapa, empat sendok garam, dan satu cangkir susu.

Menurut instruksi Al-Zawra, setelah matang, kue serabi itu lebih lezat jika disajikan dengan madu dan bisa disantap untuk sarapan pagi atau makan malam. Rilis resep kue ini menyusul publikasi film kartun Al-Zawra yang dirilis awal bulan lalu yang berisi tips domestik bagi para istri anggota ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.