Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Sepekan, Koran Pro-Kemerdekaan Skotlandia Laris

Kompas.com - 28/11/2014, 23:47 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah koran pro-kemerdekaan Skotlandia, dipastikan jadi terbitan harian, setelah uji coba selama sepekan dinyatakan sukses besar oleh penerbitnya, Jumat (28/11/2014).

The National, koran 32 halaman itu, dijual seharga 50 pence--setara Rp 9.600--dijajal terbit mulai Senin (24/11/2014) dan 60.000 eksemplar yang dicetak untuk hari itu ludes terjual.

Puslishers Newsquest menerbitkan harian ini setelah versi mingguan mereka--Sunday Herald--mencatatkan lonjakan penjualan sebagai satu-satunya surat kabar pro-kemerdekaan Skotlandia setelah referendum pada 18 September 2014.

Referendum tersebut mendapati 55 persen berbanding 45 persen warga Skotlandia memilih tetap bergabung dengan Inggris.

Editorial The National edisi Jumat menuliskan, "Edisi pertama pertama kami terjual habi. Kami mencetak 100.000 eksemplar pada hari berikutnya, dan penjualan tetap tinggi."

"Sedikit turun--seperti yang pasti terjadi untuk penjualan setelah edisi peluncuran--tetapi tetap melebihi mimpi terliar kami, ditambah pendaftaraan lebih dari 11.000 pelanggan digital," lanjut editorial itu. "Ini luar biasa dan pekan yang menantang."

Harian ini menggambarkan diri sebagai surat kabar yang mendukung kemerdekaan Skotlandia. Namun, mereka menolak bila dianggap menjadi corong bagi Partai Nasional Skotlandia yang pro-kemerdekaan.

Majalah berita "The Spectator" mengatakan, "Ini pengingat, bahwa haus perubahan di Skotlandia masih belum padam..."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com