Kompas.com - 24/11/2014, 17:21 WIB
EditorErvan Hardoko
PESHAWAR, KOMPAS.com — Kelompok Taliban, Senin (24/11/2014), menyerang pekerja kesehatan Pakistan yang tengah memulai kembali kampanye vaksinasi polio di wilayah barat laut negeri itu.

Dua orang penyerang menembaki seorang pekerja kesehatan saat dia keluar dari sebuah pusat layanan kesehatan di distrik Shabqandar yang berjarak 30 kilometer sebelah utara Peshawar, kota utama di Provinsi Khyber-Pakhthunkhwa.

Shafiullah Khan, Kepala Kepolisian Distrik Charsada, mengatakan, dua orang itu menggunakan sepeda motor dan menembaki sang pekerja kesehatan hingga melukai kepalanya. Pekerja kesehatan itu langsung dilarikan ke sebuah rumah sakit di Peshawar.

Pekerja kesehatan itu adalah anggota dalam kampanye vaksinasi tiga hari yang dimulai pada Senin untuk memberikan vaksinasi bagi 2,7 juta anak-anak di 21 distrik di provinsi itu.

Sebuah sempalan kelompok Tehreek-e-Taliban (TTP), TTP Jamat-ul-Ahrar, mengaku berada di belakang serangan tersebut.

Kelompok ini sudah sejak lama menolak vaksinasi polio karena dianggap sebagai kedok kegiatan mata-mata Barat dalam upaya untuk "mensterilkan" umat Muslim Pakistan.

Data pemerintah menyebut tahun ini tercatat 264 kasus polio di Pakistan, yang menjadi kasus polio tertinggi di negeri itu selama 14 tahun terakhir dan dua kali lebih banyak dibanding semua kasus polio di seluruh dunia tahun lalu.

Sebanyak 136 kasus polio terdapat di kawasan sabuk kesukuan yang terletak di dekat perbatasan dengan Afganistan dan merupakan kubu terkuat Taliban dan Al Qaeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.