Kompas.com - 24/11/2014, 01:44 WIB
EditorFidel Ali Permana

YERUSALEM, KOMPAS.com - Pengadilan di Yerusalem menuntut seorang polisi penjaga perbatasan di Israel bersalah karena telah menembak mati seorang remaja Palestina ketika melakukan demonstrasi di Tepi Barat, Minggu (23/11/2014). Polisi tersebut dinilai telah melakukan pembunuhan.

"Tuntutan sudah dibacakan ke pada terdakwa," menurut AFP berdasarkan laporan di persidangan.

Adapun terdakwa, yang bernama Ben Deri, menolak tuduhan tersebut.

Korban yang bernama Nadeem Nuwarah, 17, tewas pada 15 mei 2014 ketika terjadi kericuhan di Beituna, bagian tenggara Ramallah. Ketika itu, polisi Israel dan demonstran Palestina menandakan peringatan yang disebut oleh bangsa Arab sebagai Nakba, atau malapetaka karena Israel berdiri pada tahun 1948.

Penembakan terhadap Nadeem terekam oleh stasiun televisi CNN. Ketika itu, sekitar lima atau enam polisi penjaga perbatasan Israel terlihat menembak seorang remaja yang tengah melakukan demonstrasi. Ketika dilakukan otopsi, korban dinyatakan tewas karena luka tembak di bagian dada.

Sementara itu, Kementerian Kehakiman Israel menolak bantahan Ben Deri bahwa ia hanya menembak dengan peluru karet sesuai dengan instruksi selama ini.

"Dia menembak dengan peluru tajam di bagian tengah dari tubuh korban, peluru itu diarahkan supaya korban mengalami luka serius," kata pernyataan tersebut.

Pernyataan itu menyebut tindakan yang dilakukan terdakwa adalah sebuah tindakan yang tidak diperbolehkan.

Pada saat kejadian, polisi penjaga perbatasan Israel mencoba menekan demonstrasi yang dilakukan oleh sekitar 150 remaja Palestina. Polisi ketika itu diisntruksikan tidak menggunakan peluru tajam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.