Kompas.com - 23/11/2014, 01:50 WIB
EditorErvan Hardoko
STOCKHOLM, KOMPAS.com - Kepala badan intelijen Swedia, Sabtu (22/11/2014), menyatakan sekitar 300 orang warga negeri itu telah bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang kini menduduki sebagian wilayah Irak dan Suriah.

"Sebanyak 100 orang sudah terkonfirmasi ikut berperang di Timur Tengah, lalu ada ratusan lainnya yang belum terkonfirmasi atau belum dihitung. Sehingga totalnya mencapai antara 250 hingga 300 orang," kata kepala badan intelijen Swedia, Anders Thornberg.

Lebih jauh Thornberg menambahkan jumlah pemuda Swedia yang meninggalkan negeri tersebut untuk berjihad bersama ISIS terus meningkat.

"Sejumlah pemuda Swedia pergi meninggalkan negeri ini dan berlatih di kamp-kamp pelatihan, untuk belajar cara menggunakan bahan peledak dan senjata api," tambah Thornberg.

Hal yang paling dikhawatirkan adalah mereka yang sudah terlatih bertempur itu kembali ke Swedia dan melakukan aksi terorisme di wilayah negeri Skandinavia tersebut.

Pada akhir Oktober lalu, Swedia mengeluarkan undang-undang yang melarang warga negaranya terlibat dalam konflik bersenjata di luar negeri.

Sebelumnya, kordinator anti-terorisme Uni Eropa, Gilles de Kerchove memperkirakan 3.000 warga Eropa telah bergabung dengan ISIS yang terus mengejutkan dunia dengan sejumlah video aksi pemenggalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.