Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 300 Warga Swedia Menjadi Anggota ISIS

Kompas.com - 23/11/2014, 01:50 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com - Kepala badan intelijen Swedia, Sabtu (22/11/2014), menyatakan sekitar 300 orang warga negeri itu telah bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang kini menduduki sebagian wilayah Irak dan Suriah.

"Sebanyak 100 orang sudah terkonfirmasi ikut berperang di Timur Tengah, lalu ada ratusan lainnya yang belum terkonfirmasi atau belum dihitung. Sehingga totalnya mencapai antara 250 hingga 300 orang," kata kepala badan intelijen Swedia, Anders Thornberg.

Lebih jauh Thornberg menambahkan jumlah pemuda Swedia yang meninggalkan negeri tersebut untuk berjihad bersama ISIS terus meningkat.

"Sejumlah pemuda Swedia pergi meninggalkan negeri ini dan berlatih di kamp-kamp pelatihan, untuk belajar cara menggunakan bahan peledak dan senjata api," tambah Thornberg.

Hal yang paling dikhawatirkan adalah mereka yang sudah terlatih bertempur itu kembali ke Swedia dan melakukan aksi terorisme di wilayah negeri Skandinavia tersebut.

Pada akhir Oktober lalu, Swedia mengeluarkan undang-undang yang melarang warga negaranya terlibat dalam konflik bersenjata di luar negeri.

Sebelumnya, kordinator anti-terorisme Uni Eropa, Gilles de Kerchove memperkirakan 3.000 warga Eropa telah bergabung dengan ISIS yang terus mengejutkan dunia dengan sejumlah video aksi pemenggalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com