Kompas.com - 21/11/2014, 05:04 WIB
EditorHindra Liauw
KOMPAS.com - Sekitar 13 orang tewas setiap hari di Ukraina timur sejak gencatan senjata 5 September berlaku, kata komisaris hak asasi manusia PBB.

Dalam delapan minggu sejak gencatan senjata rapuh diterapkan, PBB mengatakan 957 orang terbunuh sementara kedua pihak terus melakukan pelanggaran.

Laporan PBB menyebutkan kegagalan total hukum dan keteraturan di daerah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai pemberontak.

Dokumen ini juga menggarisbawahi dugaan kuat pelanggaran yang dilakukan pasukan pemerintah.

Konflik terjadi di Ukraina timur April lalu ketika pemerintah di Kiev meluncurkan operasi menguasai kembali daerah yang direnggut pemberontak pendukung Rusia.

Kelompok separatis menguasai gedung pemerintah, setelah Rusia bereaksi terhadap langkah yang sama oleh pemberontak di Krimea dengan menganeksasi semenanjung.

Sebagai bagian dari gencatan senjata yang ditandatangani di ibu kota Belarusia, Minsk, pengawas dari badan keamanan Eropa (OSCE) dijadwalkan melakukan monitor terhadap wilayah timur dan perbatasan dengan Rusia.

Para pengawas mengeluh karena mereka ditembaki tentara berseragam yang beroperasi di dekat daerah pemerintah pada hari Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.