Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milisi Kurdi Rebut Persenjataan ISIS di Kota Kobani

Kompas.com - 18/11/2014, 20:55 WIB
KOBANI, KOMPAS.com - Para pejuang milisi Kurdi, Selasa (18/11/2014), dikabarkan berhasil merebut enam bangunan yang digunakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Kobani, Suriah.

Selain itu, para pejuang Kurdi juga berhasil merampas sejumlah besar persenjataan dan amunisi milik kelompok ISIS. Demikian Lembaga Pemantau HAM Suriah.

"Gedung-gedung yang direbut itu berada di lokasi strategis tak jauh dari alun-alun kota tempat gedung utama pemerintah berada," kata direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah, Rami Abdel Rahman.

Pertempuran memperebutkan bangunan-bangunan strategis itu menewaskan 13 anggota ISIS, termasuk dua tokoh senior yang memimpin pasukan ISIS menyerbu Kobani. Masih kata Rami Abdel Rahman.

Pasukan Kurdi juga menghasilkan kemajuan lain dalam pertempuran beberapa hari terakhir ini. Pekan lalu, pasukan Kurdi memblokade sebuah jalan raya yang digunakan ISIS untuk mengirimkan perbekalan untuk pasukannya.

"Dalam beberapa hari terakhir kami mendapatkan hasil bagus di wilayah timur dan tenggara," kata Idris Nassan, seorang pejabat kota Kobani.

Idris memperkirakan ISIS kini hanya menguasai 20 persen wilayah kota Kobani. Bulan lalu, lanjut Idris, ISIS masih menguasai 40 persen wilayah kota di perbatasan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com