Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2014, 04:10 WIB
EditorHindra Liauw
KOMPAS.com — Topi terkenal Kaisar Perancis Napoleon Bonaparte terjual senilai 2,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 25 miliar lewat lelang di sebuah balai lelang di pinggiran ibu kota Perancis, Paris.

Harga itu hampir lima kali lebih tinggi dari perkiraan, dan dibayarkan oleh seorang kolektor asal Korea Selatan dalam lelang pada hari Minggu, 16 November. Namun, identitas pembeli tidak diungkapkan.

Rumah lelang Osenat mengatakan, bicorne atau topi bulu berwarna hitam tersebut dijual oleh keluarga Kerajaan Monako, Grimaldi.

Topi yang dilelang merupakan satu dari 19 topi yang masih ada, dan pernah dipakai oleh Napoleon. Hanya dua atau tiga yang menjadi milik pribadi, sementara sisanya berada di sejumlah museum dunia.

Selama berkuasa—tahun 1804 sampai 1814 dan juga pada tahun 1815—kaisar yang antara lain terkenal dengan strategi perangnya itu diperkirakan telah menggunakan 120 bicorne.

Dibuat oleh pembuat topi Perancis, Poupard, Napoleon mengenakannya dengan sisi yang menghadap ke depan —bukan kedua ujung di depan dan belakang—supaya lebih mudah dikenali di medan perang.

Selain lelang topi, balai lelang Osenat juga melelang sepasang kaus kaki Napoleon, satu syal, dan satu kaus.

Semua barang yang dilelang itu berasal dari koleksi Pangeran Louis II Monako—kakek buyut Pangeran Albert dari Monako—yang jumlah totalnya mencapai sekitar 1.000 barang kenangan Napoleon.

Topi itu awalnya milik Joseph Giraud, seorang dokter hewan di rumah Napoleon, yang kemudian disimpan oleh keluarganya sampai tahun 1926, kemudian dijual kepada Pangeran Louis II.

Tahun lalu, sebuah salinan surat wasiat Napoleon yang ditulisnya tahun pada 1821—saat dia tinggal di pengasingan—terjual 357.000 euro atau sekitar Rp 5,2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.