Kompas.com - 14/11/2014, 21:41 WIB
EditorErvan Hardoko

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pemerintah Israel mengatakan pihak berwenang akan mengizinkan pria dari segala kelompok umur masuk ke kompleks suci di Jerusalem setelah sebelumnya menerapkan pembatasan usia.

Pemerintah Israel mengatakan pencabutan pembatasan dilakukan setelah dicapai kesepakatan dalam perundingan antara Israel, Amerika Serikat dan Yordania di Amman.

Yordania adalah pengayom kompleks suci, dikenal sebagai al Haram al Sharif oleh umat Islam dan Temple Mount oleh umat Yahudi, yang di dalamnya terdapat Masjid al Aqsa dan Kubah Batu.

Dengan pencabutan pembatasan usia, kata juru bicara kepolisian Israel Mickey Rosenfeld, laki-laki Muslim dari segala usia boleh menunaikan shalat Jumat hari ini (14/11/204) di Masjid al Aqsa. Mickey Rosenfeld menambahkan pihaknya menerjunkan personel tambahan sebelum shalat Jumat.

Israel sebelumnya memberlakukan larangan bagi pria di bawah umur 50 tahun untuk masuk ke kompleks suci bagi Yahudi dan Muslim itu setelah terjadi keteganan dan kekacauan antara Israel dan Palestina.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry sebelumnya mengatakan para pemimpin Israel dan Yordania menyetujui langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan antara Israel dan Palestina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.