Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Sehat, Kim Jong Un Tak Lagi Pakai Tongkat

Kompas.com - 05/11/2014, 17:20 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Media Korea Utara menerbitkan foto Kim Jong Un yang berjalan tanpa menggunakan tongkat dalam sebuah pertemuan militer. Sebelumnya, muncul spekulasi tentang kesehatan pemimpin itu dan intelijen Korea Selatan mengatakan bahwa Kim Jong Un baru menjalani operasi untuk membuang kista dari pergelangan kakinya.

Kabar burung selama beberapa tahun menyebutkan bahwa Kim menderita asam urat dan gangguan di bagian paha. Dalam foto terbarunya, yang muncul di surat kabar Rodong Sinmun edisi Rabu (5/11/2014), dia sedang bertemu dengan para komandan militer.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, meyatakan, pemimpin negara itu menghadiri pertemuan itu pada hari Senin dan Selasa dengan acara foto bersama para peserta. Dia didampingi oleh orang kepercayaannya, Hwang Pyong So, dan beberapa perwira tinggi militer lain.

Kim, yang dalam foto sebelumnya tampil menggunakan tongkat, tidak hadir dalam peristiwa politik penting di negara itu seperti ulang tahun partai. Namun, Korea Selatan yakin dia masih tetap memegang kekuasaan sepenuhnya.

Intelijen Korea Selatan menyebutkan satu tim medis dari Eropa datang ke Pyongyang bulan September atau Oktober untuk melakukan operasi atas pergelangan kaki Kim. Akhir September, laporan televisi Pemerintah Korut menyatakan bahwa Kim mengalami gangguan fisik walau tidak ada rinciannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com