Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kirim Pasukan SAS untuk Perangi ISIS di Kobani

Kompas.com - 04/11/2014, 17:07 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Pasukan khusus Inggris SAS secara diam-diam dikirim ke Suriah untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pasukan SAS itu dikabarkan sudah menyeberang dari Irak untuk bergabung dengan pasukan Kurdi dan pasukan elite AS Delta Force untuk menyelamatkan kota Kobani dari serbuan ISIS.

Tugas pasukan SAS di Suriah adalah memantau posisi pasukan ISIS, memberi arahan kepada pasukan Kurdi dan meminta bantuan serangan udara AS dalam upaya untuk mengakhiri pengepungan yang sudah berlangsung selama enam pekan dan menewaskan setidaknya 800 orang itu.

"Pasukan SAS sudah berada di sekitar kota Kobani selama beberapa pekan dan perlahan-lahan berhasil mengurangi ancaman ISIS terhadap Kobani," ujar seorang sumber.

Pasukan SAS, lanjut sumber itu, seperti biasa bekerja dalam unit-unit kecil namun setiap hari berhasil membuat kalang kabut pasukan ISIS.

Kota Kobani yang terletak di perbatasan Suriah-Turki selama enam pekan terakhir menjadi kancah pertempuran antara ISIS dan pasukan Kurdi Suriah. Akibat pertempuran itu sedikitnya 200.000 warga Suriah terpaksa mengungsi ke Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com