Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Karam Tewaskan 24 Migran Afganistan di Turki

Kompas.com - 04/11/2014, 09:50 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.COM - Sedikitnya 24 migran dari Afganistan tenggelam, Senin (3/11/2014), ketika perahu yang mengangkut mereka ke Eropa karam di lepas pantai Turki.

Garda Pantai Turki menyelamatkan tujuh orang dari perairan dekat Selat Bosphorus yang membagi Istanbul, tetapi 12 orang lain diduga hilang. Tim penyelamat melanjutkan pencarian dengan perahu dan helikopter Garda Pantai.

Tidak jelas bagaimana perahu itu tenggelam, tetapi pemerintah percaya perahu itu menuju ke Bulgaria atau Rumania, dan masing-masing migran telah membayar penyelundup lebih dari  8.700 dollar AS (atau sekitar Rp 105 juta) dalam upaya mencapai Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Puluhan ribu migran dari Afrika, Timur Tengah dan tempat lain setiap tahun memadati perahu yang sering tidak aman dalam upaya melarikan diri dari tanah air mereka. Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan sekitar 150.000 migran telah mencapai Eropa dengan aman dalam 10 bulan pertama tahun ini, namun sekitar 3.200 tewas dalam berbagai kecelakaan kapal.

Upaya penyelamatan yang sering dilakukan itu telah memicu kemarahan setidaknya dua pemerintah Eropa. Inggris mengatakan pekan lalu tidak akan mendukung operasi SAR Uni Eropa untuk menyelamatkan migran yang tenggelam di Laut Tengah, sementara Italia mengatakan sedang mengakhiri program terkait yang telah menyelamatkan ribuan orang di lepas pantainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com