Kompas.com - 31/10/2014, 08:01 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorEgidius Patnistik

BRUSSELS, KOMPAS.com – Rusia setuju untuk kembali mengirimkan gas ke Ukraina hingga musim dingin ini. Kesepakatan itu diambil setelah Uni Eropa menengahi sebuah pembicaraan di Brussels.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, Kepala Komisi Eropa Joses Manuel Barroso bersama menteri energi Rusia dan Ukraina akan memberikan keterangan kepada media  secara rinci pada pukul 20.45 GMT atau (03.00 WIB).

Sumber lain menyatakan, utang Ukraina sebesar 3,1 juta dollar AS akan diselesaikan dalam dua kali angsuran. Angsuran pertama akan segera dibayarkan, dan angsuran berikutnya pada akhir tahun ini.

“Ukraina telah memiliki uang untuk membayarnya,” kata sumber tersebut seperti diberitakan kantor berita AFP.

Masih menurut sumber itu, dalam kesepakatan ditetapkan bahwa harga untuk 1.000 meter kubik gas selama kontrak sebesar 385 dollar. Pengiriman akan dilakukan mulai November tahun ini hingga akhir Maret 2015.

Sedangkan, pembayaran akan dilakukan di awal untuk untuk bulan berikutnya.

Sumber itu menambahkan, Kiev telah mendapat jaminan kepastian bahwa selama kontrak berlangsung, harga yang telah disepakati tidak akan berubah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.