Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Sepakat untuk Kirim Gas Lagi ke Ukraina

Kompas.com - 31/10/2014, 08:01 WIB
Dani Prabowo

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com – Rusia setuju untuk kembali mengirimkan gas ke Ukraina hingga musim dingin ini. Kesepakatan itu diambil setelah Uni Eropa menengahi sebuah pembicaraan di Brussels.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, Kepala Komisi Eropa Joses Manuel Barroso bersama menteri energi Rusia dan Ukraina akan memberikan keterangan kepada media  secara rinci pada pukul 20.45 GMT atau (03.00 WIB).

Sumber lain menyatakan, utang Ukraina sebesar 3,1 juta dollar AS akan diselesaikan dalam dua kali angsuran. Angsuran pertama akan segera dibayarkan, dan angsuran berikutnya pada akhir tahun ini.

“Ukraina telah memiliki uang untuk membayarnya,” kata sumber tersebut seperti diberitakan kantor berita AFP.

Masih menurut sumber itu, dalam kesepakatan ditetapkan bahwa harga untuk 1.000 meter kubik gas selama kontrak sebesar 385 dollar. Pengiriman akan dilakukan mulai November tahun ini hingga akhir Maret 2015.

Sedangkan, pembayaran akan dilakukan di awal untuk untuk bulan berikutnya.

Sumber itu menambahkan, Kiev telah mendapat jaminan kepastian bahwa selama kontrak berlangsung, harga yang telah disepakati tidak akan berubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com