Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Pemberontak Suriah Masuki Kota Kobani

Kompas.com - 29/10/2014, 19:09 WIB
ANKARA, KOMPAS.com — Sekelompok kecil pemberontak Suriah berhasil masuk ke kota Kobani dari Turki pada Rabu (29/10/2014) dalam misi untuk membantu pejuang Kurdi mempertahankan kota itu dari serangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kelompok beranggotakan 50 orang itu merupakan bagian dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang terpisah dari pasukan Peshmerga yang juga tengah menuju kota Kobani.

Idriss Nassan, seorang pemimpin Kurdi di kota Kobani, mengatakan, puluhan anggota FSA itu masuk ke Kobani dari pintu perbatasan Mursipitnar, Turki. Nassan mengatakan, 50 orang itu melintasi perbatasan menggunakan mobil, tetapi dia tidak memiliki keterangan lebih banyak.

FSA adalah organisasi payung kelompok-kelompok pemberontak yang tengah memerangi rezim Presiden Bashar al-Assad. Para pemimpin politik FSA yang didukung Barat berada di Turki, tempat anggota pemberontak "beristirahat" dari kecamuk perang.

Sementara itu, 150 orang anggota pasukan Peshmerga sudah tiba di Turki pada Rabu pagi dan diharapkan segera melintasi perbatasan pada malam hari.

Kedatangan pasukan Peshmerga itu setelah Pemerintah Turki mengizinkan mereka melintasi wilayahnya untuk mencapai kota Kobani. ISIS menyerang Kobani dan desa-desa di sekitarnya pada pertengahan September lalu dan sejauh ini pertempuran memperebutkan Kobani sudah menewaskan 800 orang.

ISIS sudah menguasai puluhan desa di sekitar Kobani dan mengendalikan sebagian wilayah kota perbatasan itu, tetapi belum berhasil menundukkannya. Akibat pertempuran ini, sedikitnya 200.000 orang mengungsi ke wilayah Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com