Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Malaysia Hadapi Kasus Percobaan Pemerkosaan di Selandia Baru

Kompas.com - 24/10/2014, 16:13 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Malaysia, Jumat (24/10/2014), menyatakan, mereka akan mengekstradisi diplomat mereka sendiri ke Selandia Baru.

Muhammad Rizalman bin Ismail akan diterbangkan ke negara tersebut untuk menghadapi kasus dugaan serangan seksual. Kantor berita AFP memberitakan, dalam perjalanan ini, Rizalman akan dikawal dua petugas Kepolisian Selandia Baru dan dua polisi militer Malaysia.

"Pemerintah Malaysia berkeyakinan Rizalman akan mendapatkan proses hukum yang adil di Selandia Baru," demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Rizalman, yang bertugas sebagai atase militer, ditangkap pada Mei lalu setelah dituduh membuntuti dan mencoba memerkosa seorang perempuan berusia 21 tahun, Tanya Billingsley, di kediaman perempuan itu di Wellington.

Insiden ini terjadi pada 9 Mei dan polisi menjerat Rizalman dengan dakwaan memasuki rumah orang lain tanpa izin dan mencoba memerkosa Billingsley. Hukuman maksimal untuk kedua dakwaan ini adalah penjara 10 tahun.

Rizalman diyakini memanfaatkan kekebalan diplomatiknya untuk meninggalkan Selandia Baru dan pulang ke Malaysia, yang memicu kemarahan di kedua negara. Pada Juli silam, Perdana Menteri Selandia Baru John Key menyebut pemerintah di Kuala Lumpur menolak untuk mengekstradisi diplomat tersebut, tetapi tuduhan ini dibantah Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com