Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurdi Irak Kirim Pasukan Peshmerga ke Kobani

Kompas.com - 22/10/2014, 08:56 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Regional Kurdistan Irak segera mengirimkan pasukan Peshmerga untuk membantu warga Kurdi Suriah yang mempertahankan kota Kobani dari serangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kabar ini disampaikan sekretaris jenderal Kementerian Peshmerga Jabbar Yawar kepada wartawan di kota Erbil, Irak, Selasa (21/10/2014).

Yawar mengatakan pemerintah Kurdistan juga memasok para pejuang Kurdi di Kobani dengan persenjataan dan amunisi. Bantuan itu dikirim dengan tiga pesawat Hercules C-130 pada Senin (20/10).

Satu paket bantuan yang jatuh jauh dari lokasi pendaratan kemudian dihancurkan jet tempur AS agar tidak jatuh ke tangan pasukan ISIS.

Kepastian Peshmerga mengirim pasukannya ke Kobani muncul sehari setelah Turki memberi izin pasukan KUrdi Irak melintasi wilayahnya untuk mencapai kota Kobani.

Keputusan Turki ini mendapat dukungan dari AS dan NATO yang selama ini aktif memerangi ISIS lewat serangkaian serangan udara.

Pengiriman pasukan Peshmerga yang lebih terlatih ke kota Kobani bisa memberikan semangat tambahan untuk warga Kurdi Suriah, yang saat ini masih mengandalkan serangan udara AS dan bantuan udara setelah bertempur lebih dari satu bulan melawan ISIS.

"Saat kami melihat ISIS terus mengirimkan pasukannya ke Kobani maka kami menilai situasi di sana semakin serius," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf.

Harf mengatakan pembicaraan antara AS dan Turki terus berlanjut untuk membahas cara terbaik bagi Turki dalam membantu koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com