Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2014, 00:09 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

NEW YORK, KOMPAS.com - Perempuan ini lahir saat Eropa masih menghadapi Perang Dunia I. Namun, usia hanya persoalan angka bagi guru matematika di New York, Amerika Serikat ini, yang baru saja merayakan ulang tahun ke-100.

Madeline Scotto, berulang tahun ke-100 pada Kamis (16/10/2014). Dia masih mengajar setiap hari di Sekolah Katholik di Brooklyn, sekolah yang meluluskannya pada 1928.

"Pada Jumat (17/10/2014), Scotto mengambil cuti ulang tahun. Namun, dia sudah akan kembali mengajar pada Senin (20/10/2014)," kata salah satu perwakilan St Ephrem School, sekolah Katholik itu.

Di situs DNAinfo, Scotto tampil elegan dalam balutan sweater berwarna lavender dengan seuntai kalung menjuntai. Ditanya soal umurnya, dia pun mengaku tak percaya bahwa waktu telah begitu cepat berlalu. "Saya pikir itu terjadi begitu saja," ujar dia.

Masih di situs yang sama, Scotto menambahkan, "Tahun lalu saya berpikir, 'Ini tidak mungkin terjadi bahwa aku akan berumur 100 tahun'." Lalu, lanjut dia, "Aku duduk dan kembali mengerjakan matematika (pada tahun lalu itu)."

Ucapan selamat ulang tahun dari sekolah St Ephrem untuk Scotto diunggah dalam laman Facebook. "Banyak siswa dari generasi ke generasi telah diajar wanita luar biasa ini," bunyi ucapan itu.

Facebook Foto Madeline Scotto bersama salah satu muridnya, diunggah dalam komentar ucapan selamat ulang tahun di laman St Ephrem School.

Tanggapan pun berdatangan. "Dia mengajar ibuku, saudaraku, dan aku, selama hampir 75 tahun. Wanita menakjubkan. Dia mengejutkan! Aku masih ingat caranya mengajar pembagian di kelas 3...," tulis James Stawniczy di Facebook.

Komentar senada diunggah pula oleh Lisa Marrapodi Cistulli. "Dia sangat membantu dan baik kepada orang tua saya yang adalah imigran Italia. Selamat 100 (tahun), Mrs SCOTTO !!!" tulisnya.

Kesan mendalam tentang cara mengajar Scotto pun diunggah salah satu muridnya, Tina Fevola Nash. "Aku diajar Mrs Scotto di kelas 3 dan saya suka matematika sampai hari ini karena dia. Aku sangat senang anak-anakku (juga) bisa belajar darinya karena dia menyiapkan mereka untuk menghadapi lomba matematika selama tujuh tahun terakhir," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com