Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Asia Tenggara Manfaatkan Asas Timbal Balik di MEA

Kompas.com - 16/10/2014, 19:22 WIB


KOMPAS.com - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi ajang bagi tak hanya negara-negara Asia Tenggara memanfaatkan asas timbal balik di sektor perdagangan. Catatan ini disampaikan oleh Fabrice Carrasco, Managing Director Kantar Wordpanel (KWP), Indonesia, Vietnam, dan Filipina. "Kondisi ini memungkinkan para pemain global masuk ke Indonesia. Sebaliknya, para pemain lokal berkesempatan mengembangkan sayapnya ke luar negeri," katanya dalam diskusi terkait bisnis barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), hari ini.

FMCG sejatinya adalah produk-produk yang terjual ke konsumen secara cepat dengan harga relatif murah. Biasanya, FMCG adalah barang kebutuhan sehari-hari.

Catatan dari Moving Annual Total pada Juni 2014 menunjukkan pertumbuhan FMCG di Indonesia masih melaju di angka dua digit yakni 15 persen. Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia juga relatif baik. Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, 50,2 persennya berusia di bawah 29 tahun.

Potensi besar ini membuat produsen memasarkan produknya dengan berbagai cara. "Ada yang menggunakan cara konservatif. Ada juga yang menggunakan cata inovatif dan inspiratif,"imbuh General Manager KWP Indonesia Lim Soon Lee.

Yang juga menjadi pusat perhatian pada MEA adalah perkembangan media digital. Perkembangan ini membuat konsumen memunyai banyak pilihan. Catatan penting dalam diskusi itu menunjukkan pertumbuhan pengembangan perdagangan yang memanfaatkan dunia digital semakin menanjak.

Kendati demikian, media televisi masih menjadi pilihan utama produsen untuk meraih hati konsumen. Angkanya mencapai 65 persen dari total belanja iklan.

Hal penting lainnya adalah penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan perdagangan. Sejauh ini, di Indonesia, pertumbuhan itu makin kentara dengan besarnya pengguna media sosial hingga mencapai 68 juta orang, hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com