Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah India Berkasta Rendah Tewas Dibakar

Kompas.com - 16/10/2014, 18:01 WIB
PATNA, KOMPAS.com — Seorang bocah laki-laki India yang berasal dari kasta rendah dibakar hingga tewas setelah kambingnya lari ke sawah milik seorang petani berkasta tinggi.

Polisi setempat kemudian menahan petani yang diduga bertanggung jawab atas kematian bocah yang berasal dari kasta Mahadalit, yang dianggap sebagai lapisan masyarakat terendah.

Bocah bernama Sai Ram (15) itu diserang dan dibakar pada Rabu (15/10/2014) di Distrik Rohtas, negara bagian Bihar, salah satu negara bagian India yang paling padat, terbelakang, dan miskin.
Di negara bagian Bihar, pemerintah menyatakan Mahadalit sebagai yang terendah dari kasta Dalit.

"Tersangka memukuli Ram hingga babak belur dan kemudian membakarnya hidup-hidup. Bocah itu dinyatakan meninggal dunia setibanya di rumah sakit," kata Kepala Kepolisian Distrik Rohtas, Chandan Kushwaha.

Kushwaha menambahkan, polisi kemudian menjerat sang petani yang ditahan pada Kamis (16/10/2014), dengan pasal pembunuhan, setelah keluarga bocah malang itu mengadukan kejadian tersebut ke polisi.

"Polisi sudah memulai investigasi kasus ini dan masih mencari tersangka lainnya," ujar Kushwaha kepada AFP.

Lebih dari 138 juta orang di India berasal dari kasta terendah yang disebut juga "Dalit" atau mereka yang tertindas. Dalam masyarakat India tradisional, mereka yang termasuk golongan Dalit ini bahkan tak boleh disentuh oleh mereka yang berkasta lebih tinggi.

Menteri Utama Bihar Jitan Ram Manjhi, yang juga berkasta Mahadalit, bertekad akan menyeret para pelaku kejahatan itu ke muka hukum dan menjanjikan kompensasi untuk keluarga bocah malang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com