Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Makin Sering Serang Posisi Militan ISIS di Suriah

Kompas.com - 16/10/2014, 09:53 WIB
KOMPAS.COM - Jet-jet tempur Amerika terus menggempur militan ISIS yang melawan pasukan etnis Kurdi dalam perebutan kota Kobani di Suriah yang berbatasan dengan Turki.

Komando militer Amerika mengatakan telah melakukan 18 serangan udara hari Selasa dan Rabu, menghancurkan sejumlah kubu militan dan menggempur 16 bangunan tempat para militan itu bersembunyi.

Kepulan asap tebal akibat ledakan menggulung di langit Kobani. Milisi Kurdi dan militan ISIS terlibat dalam pertempuran dahsyat di jalan-jalan.

Lembaga HAM Syrian Observatory for Human Rights, yang memiliki sumber-sumber di Suriah, mengatakan pejuang Kurdi telah menguasai dua lokasi ISIS dan memukul mundur militan itu dari beberapa ruas jalan. Tetapi lembaga itu menambahkan ISIS berhasil mempertahankan kontrol atas separuh wilayah Kobani.

Di Irak, pasukan pemerintah berjuang mempertahankan kota Amriyat al-Fallujah, di Propinsi Anbar, yang terletak hanya 35 kilometer sebelah barat ibukota.

Kepala polisi lokal mengatakan ISIS bergerak dari tiga arah sehingga kota itu “hampir terkepung.” Tetapi pemerintah pusat mengirim bala bantuan hari Rabu.

Di Washington, militer Amerika memberi nama “Inherent Resolve” bagi upaya perlawanan terhadap ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com