Kompas.com - 15/10/2014, 04:26 WIB
|
EditorFidel Ali Permana


WASHINGTON, KOMPAS.com - Pakar kesehatan di Amerika Serikat menyatakan, sebanyak 76 petugas kesehatan kemungkinan terkena virus Ebola yang mematikan. Ia menduga virus tersebut menular saat mereka merawat pasien asal Liberia di rumah sakit di Dallas.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Thomas Frieden mengatakan, siapa pun yang masuk ke kamar pasien dan menangani sampel darahnya akan berisiko terpapar Ebola.

"Ada 76 orang yang kerap melakukan kontak, oleh karena itu sedang dimonitor secara aktif," ujar Frieden, Selasa (14/10/2014).

Seorang perawat bernama Nina Pham terinfeksi Ebola saat merawat Duncan, pasien Ebola yang meninggal minggu lalu setelah 10 hari dirawat di rumah sakit. Pham hanya melakukan kontak dengan satu orang selama ia mengalami gejala. Orang yang melakukan kontak dengan Pham itu pun telah diisolasi dan dimonitor perkembangannya.

Sebelumnya, sebanyak 48 orang teridentifikasi melakukan kontak langsung dengan Duncan sebelum dia dirawat di rumah sakit pada 28 September 2014. Saat ini mereka tengah melewati fase dua minggu, yang menunjukkan risiko mereka terkena Ebola menurun.

"Mereka kini sedang melewati periode dengan risiko tertinggi," kata Frieden.

Frieden menyatakan, sebagian besar orang akan sakit dalam kurun 8-10 hari setelah terkena Ebola yang menyebar melalui kontak cairan tubuh. Namun, virus tersebut memiliki masa inkubasi selama 21 hari dan akan terus dipantau hingga saat tersebut. Wabah Ebola saat ini telah menewaskan lebih dari 4.000 orang di Afrika Barat sejak awal tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.