Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Inggris yang Meninggal di Macedonia Tidak Tertular Ebola

Kompas.com - 11/10/2014, 23:56 WIB
SKOPJE, KOMPAS.com - Seorang pria warga negara Inggris yang meninggal dunia di Skopje, Macedonia dipastikan tidak mengidap ebola, meski sebelum meninggal dunia memperlihatkan gejala mirip penyakit ganas itu.

"Pasien itu tidak mengidap ebola," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Macedonia Jovanka kostovska, Sabtu (11/10/2014).

Meski demikian, lanjut Jovanka, otopsi masih dilakukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya kematian pria Inggris itu. Selain itu, 35 orang lainnya yang sempat menjalani karantina karena diduga pernah melakukan kontak dengan pria Inggris itu akan segera diperkenankan pulang.

Seorang pria Inggris meninggal dunia di kamarnya di sebuah hotel di ibu kota Macedonia, Skopje pada Kamis (9/10/2014), setelah mengalami demam tinggi dan muntah-muntah. Gejala-gejala yang sangat mirip dengan yang dialami penderita ebola.

Tes awal di Macedonia menunjukkan tidak ada virus ebola di jasad pria itu. Namun, pemerintah Macedonia tetap mengirimkan sampel ke sebuah laboratorium di Hamburg, Jerman untuk analisa lebih rinci.

Pemerintah Macedonia kemudian mengkarantina 25 orang dari hotel tempat pria Inggris itu menginap, termasuk kawan senegaranya serta 10 orang petugas rumah sakit tempat pria itu sempat dirawat.

Sejauh ini, pemerintah Macedonia tidak memberikan identitas rinci pria Inggris itu selain menyebutkan pria tersebut lahir pada 1956.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com