Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Disebut Cedera Kaki, Harus Istirahat 100 Hari

Kompas.com - 11/10/2014, 08:47 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Keberadaan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un masih misterius. Dia tidak terlihat dalam sejumlah acara kenegaraan yang digelar di ibukota negara itu.

Namun sebuah sumber yang disebut dekat dengan pemimpin Korut itu mengatakan bahwa Kim masih memegang tampuk kekuasaan. Dia hanya mengalami cedera kaki dalam sebuah acara militer.

Sumber yang disebut memiliki akses dengan Kim itu mengungkapkan cedera itu didapat Kim ketika meninjau latihan militer.

"Dia memerintah para jenderal untuk ambil bagian dalam latihan itu dan dia juga ikut. Mereka merangkak, berlari, dan berguling-guling. Ada uratnya yang tertarik," kata sumber yang dikutip Reuters itu, Sabtu (11/10/2014).

"Pergelangan kaki dan lututnya cedera sekitar bulan Agustus atau awal September saat mengikuti latihan karena dia kelebihan berat badan. Awalnya dia hanya terpincang-pincang, tetapi cedera itu memburuk," kata sumber yang namanya tidak disebut itu.

Kim, yang memang semakin gemuk setelah memerintah, sempat terlihat berjalan pincang sejak kegiatan dengan para pejabat penting di bulan Juli. Diduga cederanya semakin serius.

Dia dikatakan perlu beristirahat selama 100 hari, kata sumber itu. "Kim masih berkuasa penuh," kata dia.

Ketidakhadiran Kim di muka publik beberapa waktu terakhir memunculkan spekulasi atas kesehatannya atau dugaan dia sudah disingkirkan dari kekuasaan.

Meskipun demikian, Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyakini bahwa Kim masih berkuasa penuh atas Korea Utara. Juru bicara Kementerian Unifikasi Lim Byeong-cheol mengutip pesan yang diterima dari delegasi Korut pekan lalu.

Lim mengatakan, Pyongyang menegaskan bahwa Kim masih memimpin negara. "Jadi tampaknya, (Korut) masih dipimpin oleh Kim Jong Un," kata Lim.

Para pejabat Korut sendiri membantah ketidakhadiran Kim pada acara-acara kenegaraan ada hubungannya dengan masalah kesehatan. Selain itu tidak jelas juga bagaimana cedera kaki bisa menghalangi pemunculan Kim di hadapan publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com